in ,

Tips Mengatasi Download Play Store yang Selalu Meminta Koneksi WiFi

Seiring dengan meningkatnya pengguna Android, aplikasi-aplikasi di Android pun kini sudah semakin banyak.

Seperti yang diketahui, Play Store merupakan toko aplikasi Android resmi dari Google yang menyediakan berbagai game, aplikasi, hingga film dan buku elektronik mulai dari yang premium hingga gratis.

Terkadang, ada masalah muncul ketika pengguna ingin mengunduh aplikasi atau game dengan ukuran file yang besar. Biasanya, Play Store akan meminta koneksi Wi-Fi untuk mengunduh file besar tersebut.

Mengapa Play Store Meminta Koneksi WiFi?

Sebenarnya, hal itu adalah sebagai upaya bentuk perlindungan Play Store kepada pengguna.

Ketika akan mengunduh file dalam ukuran besar, Play Store akan meminta koneksi ke WiFi .

Nah, di sana muncul peringatan bahwa file yang diunduh terlalu besar, dan untuk menghindari lambatnya jaringan serta mencegah penggunaan kuota data yang besar, maka Play Store meminta untuk menggunakan koneksi WiFi.

Cara Menghilangkan Peringatan Koneksi WiFi Saat Download di Play Store

Bagi sebagian pengguna, peringatan tersebut justru dianggap mengganggu. Mungkin karena mereka ingin tetap menggunakan kuota data untuk mengunduh karena tidak ada koneksi WiFi di tempat mereka.

Untuk mengatasi Play Store yang selalu meminta koneksi WiFi, lakukan cara-cara berikut:

  1. Hal pertama yang kamu bisa lakukan adalah dengan meng-uncheck “Download Using WiFi Only” di notifikasi peringatan tersebut, lalu klik Donwload.
  2. Jika cara pertama tidak berhasil, coba kamu bersihkan cache atau data sampah Play Store melalui menu Setting > Aplikasi > Play Store > Bersihkan Cache & Data.
  3. Jika masih tidak bisa, silakan coba update Play Store ke versi terbaru. Caranya: Buka Play Store > Setting > About > klik beberapa kali pada bagian Version.

Setelah melakukan salah satu dari beberapa cara diatas, biasanya peringatan notifikasi tersebut akan hilang, dan kamu sudah bisa mengunduh aplikasi atau game dari Play Store tanpa WiFi.

Ditulis oleh Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0