in

SukaSuka

Cara Menulis Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ di Microsoft Word

Ketika menyebutkan atau menulis nama Nabi Muhammad, biasanya diikuti dengan shalawat ‘Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam’. Dalam penulisan di Microsoft Word, ada shortcut atau cara singkat untuk menulis ﷺ (kalimat sholawat) tersebut.

Penulisan shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ, sebaiknya tidak disingkat. Biasanya, kebanyakan orang akan mneyingkat kalimat sholawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam diganti dengan SAW.

Padahal, menyingkat sholawat menjadi SAW atau dalam tulisan Arab biasanya ditulis dengan صلعم atau bahkan ada yang hanya menulis huruf Shad (ص) saja adalah hal yang tidak diperbolehkan.

Menulis sholawat ‘Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam’, harus ditulis secara penuh dan tidak boleh disingkat. Terlebih lagi, mengucapkan shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merupakan perintah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala langsung.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” [QS. Al-Ahzab ayat 56]

Cara Menulis Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ di Microsoft Word

menulis ﷺ di microsoft word

Di dalam aplikasi penyunting dokumen seperti Microsoft Word, sebenarnya ada shortcut atau cara singkat untuk menulis sholawat “Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam” menjadi .

Untuk menulis ﷺ di Microsoft Word, bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Tuliskan huruf FDFA lalu tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷺ

Selain menulis Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ada juga shortcut lain untuk membuat tulisan lain yang biasa disebutkan dalam Islam seperti lafadz Allah (), Muhammad (), kalimat Basmalah (), dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa shortcut lain untuk menulis lafadz-lafadz di atas:

  • Lafaz Allah (ﷲ): Tulis huruf FDF2 lalu tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi
  • Lafadz Muhammad (ﷴ): Tulis huruf FDF4 lalu tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi
  • Lafadz Basmallah (﷽): Tulis huruf FDFD lalu tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi
  • Lafadz Jalla Jalaluhu (ﷻ): Tulis huruf FDFB lalu tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi
  • Lafadz Wasalam (ﷸ): Tulis huruf FDF8 lalu tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷸ

Cara menulis Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ, Allah ﷲ, Muhammad ﷴ, Basmallah ﷽, dan lainnya menggunakan shortcut di aplikasi Microsoft Word ini bisa dengan mudah dilakukan siapa saja. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Setelah mengetahui cara menulis ﷺ di Microsoft Word dengan mudah dan singkat, harapannya pembaca tidak menyingkat lagi sholawat pada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan SAW.

Ditulis oleh Virenial Media

Situs berita dan blog yang menyajikan berita terkini, viral dan menarik untuk dibaca. Selain itu, Virenial juga membagikan postingan-postingan keren di Facebook dan Instagram, serta berbagai video dengan pembahasan-pembahasan menarik di YouTube. Jangan lupa ikuti sosial media kami, ya!

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0