in ,

Cara Mengganti Template Blogger

Blogspot.com

Mengganti template Blogger adalah salah satu hal yang harus dikuasai oleh seorang blogger setelah berhasil membuat blog di Blogspot.

Sebenarnya, template blog bawaan Blogspot saat ini sudah banyak yang cukup bagus dan responsive, namun biasanya fitur-fitur yang ada pada template bawaan Blogger masih standar.

Saat ini, sudah banyak template premium Blogger yang didesain dengan cantik dan rapi serta dilengkapi dengan fitur-fitur kekinian seperti template VioMagz terbaru buatan Mas Sugeng, atau template-template keren buatan Adhy Suryadi dari Kompi Ajaib.

Selain memiliki fitur-fitur kekinian, biasanya template premium sudah dioptimasi sehingga lebih SEO friendly dan memiliki kecepatan loading yang cepat.

Kamu bisa beli template VioMagz Mas Sugeng dengan harga Rp. 215.000, untuk melihat review lengkap template VioMagz bisa dilihat pada artikel sebelumnya.

Cara membuat blog

Cara Mudah Mengganti Template Blogger

Ada 2 cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk mengganti template Blogger. Yang pertama, bisa dengan cara langsung mengimpor atau mengunggah file XML template.

Cara pertama lebih mudah dan lebih cepat, tapi biasanya tampilan template akan sedikit berantakan karena widget dari template sebelumnya akan ikut terpasang pada template yang baru.

Cara yang kedua adalah dengan menyalin seluruh kode template, lalu di-paste pada menu “Edit HTML Template” di Blogger.

Cara kedua ini lebih direkomendasikan, sebab template yang akan dipasang akan benar-benar bersih dari widget yang terpasang dari template sebelumnya. Cara kedua inilah yang akan Virenial bahas pada artikel ini.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti template di platform Blogger dengan mudah dan cepat, agar tampilan template yang dipasang sama seperti yang ada pada demo.

Total Time: 5 menit

Buka Setelan Template Blogger

Sesudah login, dan berada di halaman dashboard Blogger.com, buka menu “Setelan Template”.

Ganti Template Blogger

Pilih Edit HTML

Setelah masuk pada halaman selanjutnya, klik ikon titik tiga pada kolom “Tema Saya”, lalu pilih menu “Edit HTML” untuk membuka menu edit HTML template.

Ganti Blogger Template

Buka File XML Template dengan Notepad

Langkah selanjutnya, buka file XML template dengan aplikasi Notepad atau sejenisnya dengan cara Klik Kanan pada file XML template > Open With > Pilih Notepad.

Template EvoMagz Mas Sugeng

Copy Kode Template dan Paste di Menu Edit HTML Blogger

Setelah itu, salin semua kode template yang ada di Notepad tadi, kemudian paste di kolom Edit HTML template Blogger, lalu klik Simpan.

Ganti Template Blogger Mudah

Itulah langkah-langkah untuk mengganti template Blogger dengan mudah, tutorial tersebut adalah tutorial cara mengganti template Blogspot terbaru setelah Google merombak tampilan antarmuka pengguna Blogger beberapa waktu yang lalu.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0