in ,

Cara Cek Data Akun Email yang Bocor atau Diretas

Tokopedia Data Breach

Pencurian 91 juta data pengguna Tokopedia oleh hacker baru-baru ini menyita perhatian warganet, pasalnya sang peretas bahkan berhasil masuk ke dalam sistem database Tokopedia dan mencuri data pribadi pengguna seperti alamat email hingga password akun pengguna.

Sebagai salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia, kebocoran data pengguna sebesar itu tentu akan menimbulkan masalah besar.

Apalagi, hacker yang mencuri data pengguna tersebut menjual hasil curiannya tersebut di sebuah marektplace di dark web dengan harga USD 8.000.

Dikutip dari halaman Facebook Virus Info, sebelumnya dikabarkan bahwa data password yang dicuri tersebut aman karena telah dienkripsi dengan hash.

Namun, baru-baru ini sang hacker mengumumkan bahwa dia akan membagikan 210.000 data pengguna Tokopedia lengkap dengan password yang sudah berhasil di crack (dehashed) secara gratis.

Akun email dan password data pengguna Tokopedia
Sumber: Virus Info / Kolase: Virenial

Sebagai langkah pengamanan, pengguna sebaiknya segera mengamankan akun Tokopedia mereka dengan cara mengganti kata sandi serta mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

Selain itu, pengguna juga disarankan untuk mengganti kata sandi akun di platform lain atau sosial media sebagai bentuk pencegahan agar akun yang dimiliki pengguna lebih aman.

Cara Mengecek Data Akun yang Telah Bocor Atau Dihack dengan Alamat Email

Kamu bisa mengetahui apakah akun-akun kamu aman atau pernah diretas sebelumnya dengan cara yang sederhana dan gratis.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek apakah akun kamu aman dari kebocoran data?

Total Time: 5 menit

Buka Situs Pengecek Kebocoran Data Online

Pertama, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa situs untuk mengecek apakah alamat email kamu tersangkut masalah kebocoran data atau tidak, situs-situs tersebut anara lain:

1. https://monitor.firefox.com/
2. https://www.avast.com/hackcheck/
3. https://haveibeenpwned.com/

Kalian bisa memilih salah satu dari ketiganya, karena cara kerja dari ketiga situs tersebut kurang lebih sama. Kali ini, Virenial akan mencoba mengecek menggunakan situs dari Avast.

Avast Hack Check

Masukkan Alamat Email

Setelah membuka situs tersebut, masukkan alamat email utama kamu yang kamu gunakan di berbagai situs seperti media sosial, e-commerce, forum, dan lain-lain.

Setelah itu tekan tombol ENTER. Maka akan muncul jumlah password dan akun yang sudah bocor.

Result Breach

Cek Email Kamu dan Ketahui Akun yang Bocor

Kelebihan dari Avast Hack Check ini adalah setelah kita memasukkan alamat email yang kita cek, mereka akan mengirimkan detail akun dan situs mana saja yang datanya telah bocor atau diretas.

Jadi, kita bisa langsung cek dan mengganti kata sandi di akun yang bermasalah tersebut.

Bahkan, di dalam email tertulis jelas tanggal data kamu dibocorkan atau disebar, alamat website yang terjadi kebocoran data, hingga kata sandi yang dibocorkan.

Result Avast Hack Check

Setelah itu, amankan semua akun-akun kamu yang kamu gunakan menggunakan email yang dicek tadi, terutama jika kamu menggunakan password yang sama di platform lain.

Tips menggunakan password yang aman adalah dengan kombinasi angka, huruf (kapital dan kecil), serta karakter spesial (*&$%#, dll) di dalam password kamu.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0