in

Tentang Palung Mariana, Tempat Terdalam di Bumi yang Dihuni Makhluk-Makhluk Aneh

Palung Mariana

Virenial – Everest menjadi tempat tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut, sementara itu palung Mariana adalah tempat terdalam di bumi yang pernah diketahui oleh manusia.

Kedalaman palung Mariana mencapai 10.994 meter di bawah permukaan laut, letaknya berada di sebelah barat dasar Samudera Pasifik, sebelah timur Lepulauan Mariana.

Palung Mariana pertama kali diteliti pada tahun 1875 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, menggunakan kapal selam bernama Trieste dan memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger.

Beberapa penelitian lain sudah banyak dilakukan di palung Mariana untuk mengetahui lebih detail tentang palung terdalam di dunia tersebut, termasuk kehidupan di dasar Mariana Trench.

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa dasar palung Mariana memiliki tekanan air yang sangat tinggi hingga 1.086 bar (108 MPa atau 15.751 psi) atau 8 ton per inci persegi.

Sementara itu, temperatur di sana hampir mencapai titik beku 0 derajat celcius. Karena sangat dalam, cahaya matahari tidak mampu menembus masuk hingga ke dasar palung, sehingga membuat tempat di sana begitu gelap dan dingin.

palung mariana3
Deep Sea Hetchfish

Penelitian yang dilakukan juga menguak temuan hewan-hewan aneh yang ternyata menjadi penghuni dasar palung Mariana.

Setidaknya ada tiga jenis makhluk hidup aneh di sana, yakni amuba raksasa (Xenophyophores), udang tak bercangkang (Amphipoda), dan teripang kerdil (Holothurian).

palung mariana 6
Pseudoliparis swirei, spesies ikan transparan baru, berhasil ditemukan di dasar Palung Mariana.

Palung Mariana Terbentuk 180 juta Tahun yang Lalu

Palung Mariana terbentuk akibat tabrakan kuat antara lempeng tektonik Pasifik dan lempengan Filipina.

Tabrakan tersebut akhirnya menciptakan titik yang lapisannya jatuh ke dalam lapisan mantel Bumi. Diperkirakan, tabrakan ini terjadi sekitar 180 juta tahun lalu.

Hingga saat ini tercatat sudah ada 3 orang yang berhasil menyelami kedalaman palung Mariana, mereka adalah:

  1. Don Walsh (1960)
  2. Jacques Piccard (1960)
  3. James Cameroon (2012)

Ketiganya berhasil menyelam ke dasar palung Mariana menggunakan kapal mini untuk meneliti kehidupan di dasar palung Mariana.

Hingga saat ini, palung Mariana masih menyimpan berbagai misteri yang belum terungkap.

Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0