Pengertian Introvert: Ciri dan Penyebab Introvert


1
1 share, 1 point
pengertian introvert

Apa itu introvert? introvert merupakan salah satu jenis kepribadian dengan ciri-ciri seseorang yang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri.

Selain tipe kepribadian introvert, ada juga tipe kepribadian lain seperti ambivert dan ekstrovert. Istilah introvert pertama kali diperkenalkan oleh seorang psikolog bernama Carl Jung pada tahun 1920.

Jung mengatakan bahwa secara garis besar, kepribadian seseorang terbagi menjadi dua, yaitu introvert dan ektrovert.

Salah satu ciri ciri orang dengan kepribadian introvert yang banyak dipercaya orang adalah memiliki kepribadian yang lebih pemalu dan pendiam. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya tepat.

Pengertian Introvert?

Ciri Ciri Introvert

Pengertian introvert sendiri adalah tipe kepribadian yang orang-orangnya memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya.

Orang-orang dengan kepribadian ini memang biasanya lebih pemalu, pendiam, tenang, serta lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri atau introspektif.

Namun, hal yang perlu diketahui adalah introvert tidak sama dengan pemalu atau gangguan kecemasan sosial.

Mereka bisa tetap bergaul dengan orang lain dengan baik, namun orang introvert akan lebih senang ketika menghabiskan waktu sendiri.

Hal ini tentu berbeda dengan orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, dimana orang dengan kepribadian tersebut lebih senang berkumpul atau menghabiskan waktu dengan banyak orang.

Jadi pengertian introvert tidak bisa disebut sebagai orang yang pemalu, pendiam atau bahkan orang yang menutup diri dari kegiatan sosial.

Sebab, seorang introvert bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar. Mereka hanya lebih senang menyendiri untuk me-recharge alias memulihkan kembali tenaga mereka.

Ciri-Ciri Introvert

Orang-orang introvert biasanya memiliki ciri umum. Beberapa ciri umum yang dimiliki orang introvert antara lain:

  • Orang introvert biasanya cenderung menyimpan perasaan sendiri.
  • Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.
  • Sangat sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.
  • Mereka juga cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.
  • Orang introvert biasanya akan lebih mudah bersosialisasi jika bersama dengan orang yang sudah mereka kenal baik.
  • Orang introvert juga akan lebih suka berdiam diri jika berada di antara orang-orang banyak, apalagi jika berada diantara orang-orang yang belum cukup akrab.

Jika kamu memiliki ciri-ciri diatas, mungkin kamu adalah seorang dengan kepribadian introvert.

Beberapa ciri-ciri lain yang mungkin masuk dalam kategori introversi yaitu cenderung menghindari kontak mata dengan orang lain, terutama dengan orang yang belum mereka kenal. Mereka dapat merasa malu jika berhadapan dengan orang baru dan terkesan menghindari orang tersebut.

Selain itu, orang introvert juga sering berbicara pada diri sendiri, perlu diketahui, ini bukanlah sebuah gangguan psikologi, hanya saja mereka cenderung lebih ke arah mengekspresikan perasaan tanpa ingin merasa dihakimi sehingga lebih mudah bagi mereka berbicara kepada diri sendiri atau bahkan kepada benda mati.


Like it? Share with your friends!

1
1 share, 1 point

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Gaje Gaje
0
Gaje
Suka Suka
0
Suka
Menarik Menarik
2
Menarik
Kesel Kesel
0
Kesel
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Wow Wow
0
Wow
Takut Takut
0
Takut
Huek! Huek!
0
Huek!
Nazar

Legend

Penggemar klepon dan tempe penyet.

Komentar

komentar