in

Pengertian Email dan Fungsi Email

Email di zaman sekarang ini tidak hanya digunakan untuk mengirim surat elektronik saja. Lebih dari itu, kini fungsi dari email sudah memiliki banyak perubahan besar.

Pada tahun 1980-an, email dikenal sebagai surat elektronik yang sangat canggih. Kemampuannya untuk mengirim surat secara cepat melalui jaringan internet membuat banyak orang memilih email untuk mengirim surat kepada kerabat jauh daripada menggunakan jasa POS.

Pengertian Email

Dalam pengertiannya, email merupakan singkatan kata dari bahasa Inggris yaitu ‘Electronic Mail’ alias ‘Surat Elektronik’ dalam Bahasa Indonesia yang disebut juga dengan singkatan ‘Surel’.

Disebut sebagai surat elektronik, karena email mengirimkan surat melalui media elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet sebagai media pengirimannya.

Untuk bisa mengirim email, yang dibutuhkan adalah:

  • Akun email
  • Koneksi internet
  • Alamat email penerima

Dalam isi surel yang dikirimkan, pengirim bisa melampirkan berkas seperti dokumen, foto, gambar, video, atau file-file lain yang didukung.

Fungsi Email

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari email adalah untuk mengirim serta menerima data yang dapat berupa teks, audio, video, dokumen serta gambar dengan cepat dan murah.

Namun, di zaman sekarang, fungsi dari email sudah lebih dari itu. Saat ini, email seperti hal wajib yang harus dimiliki setiap orang jika ingin terhubung di internet.

Email juga dapat digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan (email marketing) dengan cara pengiriman email secara massal. Akun email juga berguna selayaknya kartu identitas pada situs dan aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftar.

Sekarang ini, email juga digunakan sebagai media verifikasi untuk mengamankan data yang dimasukkan pengguna di sebuah situs.

Misalnya, jika ingin membuat akun Facebook, pengguna diharuskan memiliki alamat email aktif untuk verifikasi agar Facebook dapat digunakan dengan aman.

Atau, jika kamu ingin bisa menghasilkan uang dari YouTube dengan cara menjadi YouTuber, kamu juga harus memiliki email sebagai langkah awal untuk mendaftar di YouTube.

Saat membeli smartphone Android baru, kamu juga akan diminta untuk memasukkan alamat email agar kamu bisa menikmati semua fitur-fitur yang ada di dalam smartphone Android kamu.

Alamat Email

Jika kamu membuat akun email di penyedia layanan email, kamu akan mendapatkan alamat email milikmu sendiri.

Layaknya alamat rumah, alamat email juga demikian. Alamat email yang benar sangat penting dalam menentukan pesan yang dikirim akan sampai atau tidak.

Alamat email sendiri memiliki format sebagai berikut: namapemilik@domain.com. Format alamat email tersebut jika dirincikan adalah sebagai berikut:

  • mamapemilik : adalah nama akun atau nama dari pemilik akun email tersebut.
  • Tanda “at” atau @ : adalah tanda pemisah antara nama pemilik email dan nama penyedia alamat email.
  • domain.com : adalah domain penyedia alamat email tempat kamu mendaftar alamat email tersebut. Misal (gmail.com, yahoo.com, dan lain-lain).

Kamu bisa mendaftar dan membuat alamat email gratis di internet.

Metode Pengiriman

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client.

Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan.

Mulai dari surat elektronik dikirimInternetPOP3 server penyedia e-mail penerimae-mail client (di komputer si penerima)surat elektronik dibaca si penerima.

Itulah penjelasan singkat dari pengertian dan fungsi email dari Virenial Media.

What do you think?

Written by Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0