in ,

Kisah Gunung Super Yellowstone, ‘Bom Waktu’ yang Bisa Hancurkan Peradaban Manusia

Yellowstone Supervolcano

Yellowstone National Park merupakan sebuah Taman Nasional di Amerika Serikat, tepatnya, Taman Nasional ini berada di Wyoming, Montana, dan Idaho (Amerika Serikat).

Taman yang terkenal dengan sumber air panas dan geyser-nya. Old Faithful Geyser, yang merupakan geyser paling tersohor di dunia juga ada di Yellowstone National Park ini.

Yellowstone merupakan salah satu gunung berapi yang populer. Meski menyimpan berbagai macam keindahan, ternyata Yellowstone juga disebut-sebut sebagai ‘bom waktu’ yang siap meledak kapan saja.

Ya, di bawah Yellowstone sebenarnya ada gunung berapi yang sedang tidur lelap dan siap bangun kapan saja. Bahkan, Yellowstone juga disebut-sebut sebagai supervolcano yang bisa mengancam peradaban umat manusia jika Yellowstone meletus.

Letusan Yellowstone jika benar-benar terjadi diperkirakan mampu untuk memuntahkan lebih dari 1.000 kilometer kubik batu dan abu dalam satu waktu.

Kekuatan ledakan Yellowstone itu 2.500 kali lebih besar dari Gunung St. Helens yang meletus pada 1980 dan menewaskan 57 orang.

Dampak Letusan Yellowstone

Beberapa ilmuwan mengklaim bahwa jika Yellowstone meletus, maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup Bumi.

Material vulkanik dari letusan Yellowstone bisa menyelimuti sebagian besar Amerika Serikat dan bahkan menjerumuskan Bumi ke dalam ‘Musim Dingin Vulkanik’.

Akibat dari letusan Yellowstone, diperkirakan 87.000 orang akan terbunuh dan dua pertiga dari AS akan tidak layak huni.

Yellowstone terakhir kali meletus 700.000 tahun yang lalu. Namun, para ilmuwan memprediksi bahwa Yellowstone biasanya akan ‘bangun’ setiap 1 juta tahun sekali.

Pada 2015, para ilmuwan mengumumkan Yellowstone memiliki waduk magma empat kali lebih besar dari ruang di bawahnya. Mereka mengatakan ini bisa menjadikannya waduk magma terbesar di dunia, dengan volume 46.000 km3 – cukup besar untuk mengisi Grand Canyon 11 kali lebih.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0