in

Ini Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Masih banyak orang yang belum tahu perbedaan gula aren dengan gula jawa, sehingga tak jarang banyak orang yang menganggap bahwa keudanya sama.

Tapi, sebenarnya kedua gula ini memiliki perbedaan satu sama lain. Dengan mengetahui perbedaan antara gula jawa dan gula aren, kamu bisa menggunakan kedua jenis gula ini dengan penggunaan yang tepat.

Lalu, apa sih perbedaan antara gula jawa dengan gula aren?

Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa

Warna yang Berbeda

Hal yang paling mendasar dari perbedaan gula jawa dan gula aren bisa dilihat dari warnanya.

Jika dilihat sekilas, kedua gula ini memang terlihat sama. Namun jika diperhatikan secara seksama, keduanya memiliki warna yang berbeda.

Gula aren memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan gula jawa. Warna dari gula aren biasanya kuning kemerahan, sedangkan gula jawa seringnya memiliki warna coklat agak gelap.

Rasa dan Tekstur

Selain dari warnanya, perbedaan gula aren dan gula jawa bisa dilihat dari rasa dan teksturnya. Gula jawa biasanya memiliki tekstur yang lebih keras, sedangkan gula aren memiliki tekstur yang lembut.

Hal ini membuat gula aren lebih mudah untuk dihaluskan. Kemudian dari rasanya, gula aren biasanya jauh lebih manis dibandingkan dengan gula jawa.

Sementara gula jawa biasanya memiliki aroma jauh di bawah gula aren yang aromanya lebih pekat dan kuat.

Bahan Baku Pembuatan

Dari bahan bakunya, kedua gula ini memiliki perbedaan. Gula jawa dibuat dari nira pohon kelapa yang merupakan cairan manis yang berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti, kurma, aren, sagu dan kelapa.

Nira tersebut akan diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel yang pada nantinya dibentuk hingga menyerupai silinder dan berbentuk seperti batok kelapa.

Sementara itu, gula aren terbuat dari nira pohon enau atau biasa disebut aren. Dalam proses pembuatannya, gula aren biasa dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk pipih dan bundar, biasanya gula ini juga mendapatkan penambahan bahan lainnya seperti gula pasir.

Kegunaan

Meski sama-sama berperan sebagai pemanis, namun keduanya memiliki kegunaan yang berbeda.

Gula aren yang memiliki aroma yang cenderung pekat dan lebih kuat membuatnya lebih sering digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman.

Minuman seperti dawet atau cendol biasanya menggunakan gula aren sebagai pemanisnya.

Lalu, gula jawa umumnya digunakan untuk campuran pada pembuatan makanan-makanan tradisional seperti masakan semur, pembuatan kecap hingga gudeg. Sebab mengingat gula jawa memiliki warna serta aroma yang tak begitu kuat sehingga tak banyak memengaruhi rasa makanan.

Itulah perbedaan antara gula aren dan gula jawa yang selama ini masih dianggap sebagian orang sama. Padahal, kedua gula ini berbeda.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0