in ,

Mengenal Aquascape, Aquarium Hias dengan Tanaman Hidup

Aquascape

Aquascape? pasti masih banyak orang yang asing dengan istilah tersebut. Kalau aquarium, sudah pasti banyak orang yang tahu, yaitu sebuah tempat yang terbuat dari kaca untuk memelihara ikan hias.

Lalu, apa itu aquascape? Aquascape adalah sebuah seni menghias aquarium dengan tanaman air, bebatuan, kayu, dan sebagainya. Hobi yang satu ini memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Sebab, selain menghias aquarium dengan tanaman air, bebatuan, pasir, kayu dan sebagainya, pemilik aquascape juga harus bisa membuat ekosistem yang ada di dalam aquarium tersebut hidup seperti di alam.

Aquascape Sebagai Hiasan

Aquascape indah

Salah satu hal yang membuat aquascape memiliki banyak peminat adalah karena keindahannya. Susunan tanaman, batu, pasir, dan ikan-ikan yang berenang di dalam sebuah kotak kaca bisa membuat orang yang memandangnya merasa tenang dan nyaman.

Aquascape bisa digunakan sebagai hiasan rumah atau kantor, dengan pemilihan tanaman dan ikan yang tepat, aquascape akan terlihat sangat indah sebagai hiasan dalam sebuah ruangan.

Komponen dalam Aquascape

Dalam auqascape, komponen terpentingnya justru bukanlah ikan, tetapi fokus utamanya terdapat pada tanaman air, batu, kayu, dan hiasan alami lainnya di dalam aquarium.

Batu yang digunakan untuk membuat aquascape bisa beragam, mulai dari batu kali hingga batu fosil biasa digunakan sebagai hiasan aquascape.

Selain itu, jenis faunia yang ada di dalam aquascape juga lebih beragam. Tidak hanya ikan, aquascape juga bisa diisi dengan udang hias atau keong untuk menambah keindahan serta menambah kesan yang lebih natural.

Ikan yang digunakan aquascape juga biasanya merupakan ikan-ikan kecil. Biasanya jenis ikan tetra seperti neon tetra, cardinal tetra, harlequin tetra dan sebagainya. Ikan guppy juga sering digunakan sebagai ikan untuk aquascape karena memiliki bentuk ekor yang indah seperti ikan cupang alias betta fish.

Selain itu, salah satu komponen yang tak kalah penting dalam aquascape adalah CO2 dan pencahayaan agar tanaman dapat berfotositesis dengan baik.

Nah, untuk itu jika kamu ingin membuat aquascape dengan baik, kamu perlu mempelajari bagaimana cara merawat dan mendesain aquascape kamu agar indah dan sehat.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0