in ,

Kenalan dengan Gli, Si Kucing Terkenal di Hagia Sophia

Gli Cat

Ada salah satu hal yang menarik dari Hagia Sophia, yakni keberadaan seekor kucing bernama Gli yang menjadi salah satu daya tarik Hagia Sophia.

Kucing yang sudah tinggal di Aya Sofya selama 16 tahun itu kini menjadi perbincangan banyak orang setelah perubahan status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid beberapa waktu lalu.

Gli kini masih bisa tetap tinggal di Hagia Sophia meski kini bangunan tersebut telah berfungsi sebagai masjid.

Mengenal Gli, Kucing Penunggu Hagia Sophia

Gli Cat Aya Sofya

Gli sudah tinggal di Hagia Sophia sejak tahun 2004, namanya memiliki makna ‘cinta yang menyatu’.

Gli merupakan kucing dengan bulu lebat berwarna cokelat hitam dengan mata berwarna hijau. Gli punya satu saudara laki-laki yakni Pati dan seorang saudara perempuan Kızım.

Induk yang melahirkan mereka adalah Sofi. Sayangnya, saudara laki-lakinya Pati sudah mati.

Salah satu petugas di Hagia Sophia, Bilgen Deveci, awalnya memilih nama Gri (dalam bahasa Inggris artinya abu-abu) sebagai nama kucing tersebut, namun karena kelucuan kucing tersebut akhirnya dinamai Gli.

Ia juga memilih nama Kızım untuk saudara perempuan Gli. Ketika dia masih kecil, Kızım pergi di bawah salah satu maksures di Hagia Sophia dan diam di sana untuk sementara waktu.

“Kami menyelamatkannya kemudian karena dia terus mengeong, namun selama dua tahun terakhir dia tampak selalu tenang,” kata Bilgen Deveci, seperti dikutip dari Hagia Sophia Turkey, Sabtu (25/7/2020).

Selama hidupnya, Gli hanya memiliki satu ekor anak yang diberi nama Karakız. Namun sayangnya, kucing hitam yang cantik anak dari Gli tersebut mengalami kecelakaan karena tertabrak bus tur. Dia sementara tinggal di dokter hewan karena punggungnya patah.

Gli menjadi populer ketika Presiden Turki Recepp Tayyip Erdogan dan kemudian Barack Obama membelainya.

Saat ini Gli tetap menjadi primadona bagi para pencinta kucing yang banyak mengunjungi Hagia Sophia bahkan setelah bangunan kuno bersejarah itu difungsikan kembali menjadi masjid.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0