in ,

Chilopodophobia, Fobia Terhadap Kelabang

Phobia Kelabang

Ada banyak jenis phobia yang dialami manusia, salah satunya adalah chilopodophobia atau rasa cemas dan takut terhadap kelabang.

Lipan atau kelabang adalah hewan berbisa yang memiliki tubuh pipih dan panjang. Tubuh kelabang memiliki ruas-ruas yang setiap ruasnya memiliki satu pasang kaki. Sedangkan di bagian kepalanya terdapat cakar yang bisa mengeluarkan racun untuk membunuh mangsanya.

Sedikitnya ada sekitar 3.000 spesies kelabang yang tersebar di seluruh dunia, meski tidak semua kelabang berbahaya bagi manusia, namun gigitannya bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Ciri-Ciri Chilopodophobia

Mungkin banyak orang yang takut dengan kelabang, takut digigit, takut dengan racunnya, dan sebagainya. Rasa takut semacam itu adalah hal yang umum bagi manusia.

Namun, penderita chilopodophobia memiliki ketakutan yang tidak biasa. Orang yang memiliki fobia terhadap kelabang akan merasa geli bahkan sangat takut dan bisa sampai histeris jika melihat kelabang secara langsung di hadapannya.

Selain itu, mereka akan merasa cemas dan tidak nyaman, bahkan walaupun mereka hanya melihat kelabang dalam bentuk gambar.

Penderita chilopodophobia akan berpikir di dalam ruangan yang ia tempati terdapat kelabang atau lipan yang sedang bersembunyi setelah melihat gambar kelabang, dan hal itu akan membuatnya tidak nyaman.

Coba lihat gambar-gambar di bawah ini, apakah kamu termasuk chilopodophobia:

Centipede Venom
Centipede in hand
Sarang kelabang berbisa
Centipede in hand
Kelabang menggigit tangan
Sarang kelabang banyak

Seperti diketahui, kelabang sangat menyukai tempat-tempat yang kotor, lembab dan berantakan. Jika kamu adalah orang yang memiliki fobia terhadap kelabang, sebaiknya jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarmu agar tidak menjadi sarang lipan atau kelabang.

Pastikan ruangan rumah kamu terkena sinar matahari yang cukup agar tidak lembab, selain itu jangan biasakan menumpuk pakaian kotor selama berhari-hari. Karena itu berpotensi menjadi rumah favorit untuk kelabang berkembang biak.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0