in

Fakta Tentang Luwing alias Kaki Seribu, Apakah Berbahaya?

luwing

Luwing atau juga disebut Luwe alias kaki seribu sering dijumpai. Hewan berjenis antropoda dari kelas myriapoda ini bagi sebagian orang terlihat menggelikan, bahkan menakutkan.

Yang masih menjadi pertanyaan oleh banyak orang hingga saat ini adalah, apakah luwing berbahaya? Sebab, ada sebagian orang yang percaya bahwa luwing memiliki bisa atau racun, sementara sebagian yang lain beranggapan bahwa luwing adalah hewan yang tidak berbisa.

Agar lebih jelas, yuk simak fakta tentang luwing atau si kaki seribu yang akan Virenial bahas. Berikut ini fakta-faktanya,

Orthoporus spp New Mexico Fakta Tentang Luwing alias Kaki Seribu, Apakah Berbahaya?

Luwing Memakan Sisa Tumbuhan

Kebanyakan luwing hidup dengan memakan sisa-sisa tanaman yang membusuk, peran mereka dalam menjaga kesuburan tanah sangat penting.

Sebab, kotoran yang mereka keluarkan dapat meningkatkan kandungan zat hara pada tanah yang sangat bermanfaat bagi tanaman.

Luwing juga memakan jamur serta lumut, beberapa diantara mereka juga ada yang memakan serangga-serangga kecil.

Punya Senjata Pelindung Diri

Luwing adalah salah satu hewan yang rentan dimangsa oleh predator seperti tikus, katak, kumbang, hingga kelabang.

Salah salah satu cara mereka untuk berlindung dari para predator adalah dengan cara menggulung diri mereka. Kulit luwing yang keras bisa melindungi diri mereka dari serangan para predator.

Selain itu, luwing juga bisa mengeluarkan cairan beracun dari tubuhnya. Meski tidak berbahaya bagi manusia, namun cairan ini bisa membuat kabur predator.

Berbeda dengan Kelabang

Kaki seribu berbeda dengan kelabang. Kelabang adalah hewan berbisa dan berbahaya, mereka bergerak dengan sangat cepat karena hanya memiliki sepasang kaki per segmen.

Sementara itu, luwing bergerak lebih lambat dari kelabang. Dari bentuk tubuhnya, luwing memiliki tubuh yang bulat, sementara kelabang lebih pipih,

Luwing Tidak Berbisa

Luwing tidak berbahaya seperti yang ada di benak banyak orang selama ini, hewan ini sangat berguna bagi kesuburan tanah.

Namun, saat memegang luwing, jangan dekatkan hewan ini dengan mata. Sebab, ia bisa menyemprotkan cairan racun dari kulitnya jika merasa terancam. Nah, cairan inilah yang berbahaya jika terkena mata.

Itulah sedikit penjelasan dan fakta tentang hewan kaki seribu atau luwing. Jadi, luwing adalah hewan yang tidak berbahaya. Mereka justru membantu untuk menyuburkan tanah.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0