in

Bagaimana Gerhana Matahari Terjadi?

Gerhana 1 1 Bagaimana Gerhana Matahari Terjadi?

Gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam yang bisa dibilang langka. Meski faktanya, dalam setahun gerhana matahari bisa terjadi antara 2 hingga 5 kali, namun peristiwa tersebut terjadi di tempat yang berbeda.

Dikatakan sebagai fenomena alam yang langka, sebab gerhana yang terjadi di lokasi yang sama, biasanya membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun.

Bagaimana Terjadinya Gerhana Matahari?

Gerhana matahari terjadi pada saat bulan berada di antara Bumi dan Matahari dalam satu garis lurus.

Pada saat terjadi gerhana, bulan akan menutupi cahaya matahari ke Bumi, sehingga Matahari akan tampak gelap karena cahayanya terhalang oleh bulan.

Jika bulan menutupi seluruh cahaya matahari, hal itu akan menyebabkan gerhana matahari total.

Bagaimana Terjadinya Gerhana Matahari Cincin?

Terjadinya gerhana matahari total dengan gerhana matahari cincin sebenarnya sama, yaitu ketika Bumi, Bulan dan Matahari berada dalam satu garis luru.

Kemudian, Bulan menutupi cahaya matahari ke Bumi. Namun, di sini ada sedikit perbedaan yang menyebabkan gerhana matahari cincin terjadi.

Gerhana matahari cincin akan terjadi apabila cahaya matahari tidak tertutup sepenuhnya oleh Bulan ketika terjadi gerhana.

Sehingga, cahaya matahari tampak di pinggiran dari area yang tertutupi dan membentuk lingkaran seperti cincin.

Itu bisa terjadi karena Bulan mengelilingi Bumi dalam orbit elips. Artinya, ada kalanya Bulan berada dekat dengan Bumi, ada kalanya jauh.

Jarak terdekat Bumi dengan Bulan adalah ±363.104 km (perige), sedangkan jarak terjauhnya ±405.696 km (apoge). Karena perbedaan jarak inilah, ada kalanya Bulan tampak besar di langit, ada kalanya tampak lebih kecil.

Ketika gerhana matahari terjadi disaat Bulan berada pada titik terjauh dari Bumi, hal ini bisa menyebabkan fenomena gerhana matahari cincin.

Bulan akan tampak lebih kecil daripada piringan Matahari dan tidak akan menutupi Matahari sepenuhnya saat gerhana. Kerucut umbra tidak sampai ke permukaan Bumi dan akan terbentuk kerucut tambahan yang disebut antumbra.

Orang-orang yang berada dalam wilayah antumbra akan melihat Matahari tampak seperti cincin di langit.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0