Menu
in

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Kerja Menjadi Guru

Menjadi guru bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, namun meski begitu banyak yang melamar kerja menjadi guru karena profesi ini merupakan sebuah profesi yang mulia.

melamar kerja menjadi guru

Virenial – Menjadi guru bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, namun meski begitu banyak yang melamar kerja menjadi guru karena profesi ini merupakan sebuah profesi yang mulia.

Mereka para guru menjadi orang-orang yang berjasa untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dengan mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk masa depan.

Menjadi guru juga memerlukan kesabaran ekstra, sebab seorang guru dituntut untuk mendidik anak-anak didiknya yang pasti memiliki karakter-karakter yang berbeda satu sama lain.

Jika kamu telah mantap memutuskan untuk menjadi seorang guru dan memiliki minat untuk menjadi seorang pendidik, kamu harus memperhatikan hal-hal penting saat melamar kerja menjadi guru.

Sebab saat melamar pekerjaan sebagai guru, pihak sekolah akan melakukan seleksi ketat sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak lamaran calon guru.

Oleh karena itu, perhatikan 4 hal berikut saat melamar kerja menjadi guru agar kamu bisa diterima untuk mengajar di sekolah yang kamu inginkan, berikut ini beberapa diantaranya:

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Penampilan

Penampilan adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan saat melamar kerja menjadi seorang guru.

Sebab penampilan merupakan hal pertama yang akan dinilai oleh pihak sekolah dalam melakukan seleksi calon guru di sekolah mereka.

Penampilan yang baik dan sopan tentu akan menambah nilai lebih sebagai pertimbangan pihak sekolah untuk menerima calon guru di sekolah mereka.

Surat Lamaran Untuk Melamar Kerja Menjadi Guru

Salah satu faktor penentu ditolak atau diterimanya lamaran kerja seorang calon guru dapat dilihat dari surat lamaran kerjanya.

Dalam penilisan surat lamaran kerja, kamu harus membuat surat lamaran kamu menjadi semenarik mungkin. Buat agar pihak sekolah tertarik dengan dirimu melalui surat lamaran kerja yang kamu buat.

Tulislah informasi tentang dirimu di dalam surat lamaran tersebut secara jujur, beritahu mereka mengenai riwayat pendidikan atau pekerjaan sebelumnya dan potensi yang kamu miliki.

Jika kamu masih bingung mengenai bagaimana cara membuat surat lamaran kerja menjadi guru yang baik dan benar, kamu bisa mencari contoh surat lamaran kerja guru di internet, salah satunya di situs Tipkerja.com.

Ada berbagai versi surat lamaran kerja guru yang dapat kamu temukan mulai dari contoh surat lamaran kerja guru TK, SD, SMP hingga SMA/SMK.

Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut saat menulis surat lamaran pekerjaan sebagai guru:

  1. Perhatikan format penulisan surat.
  2. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar.
  3. Perhatikan ejaan surat lamaran dan pastikan sesuai EYD.
  4. Sertakan lampiran pendukung.
  5. Isi surat yang jelas.

Untuk format surat lamaran kerja guru, bagian-bagian surat tersebut adalah sebagai berikut dikutip dari situs Tipkerja.com:

  • Tempat dan tanggal surat dibuat
  • Tujuan surat atau perihal
  • Penerima atau kepada siapa surat tersebut ditujukan
  • Salam dan pembuka surat
  • Isi surat
  • Daftar lampiran
  • Penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Poin-poin di atas penting untuk diperhatikan, karena akan surat lamaran merupakan hal penting dalam melamar pekerjaan.

Lampiran yang Disertakan Pada Surat Lamaran

Selain menulis surat lamaran kerja, kamu juga perlu untuk melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan saat melamar kerja menjadi guru.

Lampiran yang diminta biasanya akan ditulis dalam syarat lampiran pada informasi lowongan kerja yang diberikan.

Yang perlu diperhatikan saat melampirkan berkas pada surat lamaran pekerjaan adalah urutan berkas agar sesuai dengan daftar lampiran yang telah ditulis pada surat lamaran kerja.

Selain melampirkan dokumen wajib, kamu juga bisa menyertakan berkas lampiran pendukung lainnya yang bisa menambah nilai kamu saat melamar menjadi guru seperti sertifikat keahlian, riwayat pengalaman kerja, dan lain-lain.

Kenali Profil Sekolah yang Dilamar

Mengenal profil sekolah yang kamu lamar juga akan menjadi nilai lebih saat kamu melamar kerja menjadi guru.

Dengan menggali informasi profil sekolahan yang akan dilamar, kamu akan memiliki pengetahuan tentang sekolah yang membuat pihak sekolah akan lebih mempertimbangkan calon guru seperti kamu.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat melamar kerja menjadi guru. Meski melalui proses seleksi yang ketat, dengan memperhatikan hal-hal di atas, semoga kamu bisa segera diterima untuk mengajar di sekolah yang kamu inginkan.

Leave a Reply

Exit mobile version