in

Cara Membuat Foto Light Trails Menggunakan Kamera HP

Salah satu seni fotografi ponsel yang bisa digunakan menggunakan kamera smartphone adalah foto light painting.

Light Painting

Virenial – Dalam beberapa tahun terakhir, minat orang akan dunia fotografi semakin meningkat. Selain karena sudah banyak media sosial yang bisa digunakan untuk berbagi ‘album foto’ pribadi secara daring seperti Instagram dan Facebook, hal itu juga didukung oleh menjamurnya pabrikan smartphone yang membekali device mereka dengan spek kamera yang sangat bagus.

Dengan spek kamera smartphone zaman sekarang, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus seperti hasil jepretan kamera DSLR bukanlah hal yang sulit.

Meski tidak sesempurna hasil jepretan kamera DSLR, kamera smartphone saat ini sudah memiliki berbagai macam fitur dan AI canggih yang bisa mengolah gambar menjadi lebih terlihat indah dan sempurna.

Salah satu seni fotografi ponsel yang bisa digunakan menggunakan kamera smartphone adalah foto light trail.

Apa Itu Foto Light Trail?

Foto light trail merupakan foto yang menggunakan lampu kendaraan yang berjalan sebagai objeknya.

Hasil dari foto light trail bisa dilihat di atas, yang terlihat adalah foto lampu yang mengekor mengikuti bentuk jalan.

Cara Mudah Foto Light Trails dengan Kamera HP

Cara membuat foto light trails dengan kamera hp mudah

Foto di atas diambil menggunakan kamera HP Xiaomi Redmi Note 7. Untuk cara membuat foto light trail atau light painting menggunakan kamera HP, berikut ini adalah tutorial membuat foto light trail dengan kamera HP.

Sebelum ke tutorial, kamu harus memiliki peralatan yang akan digunakan untuk membuat foto light trail ini. Peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk membuat foto light trails adalah:

Yang pertama tripod, jika tidak memiliki tripod, kamu bisa menggunakan benda apapun yang bisa menahan HP kamu agar posisinya tetap dan tidak bergerak saat mengambil gambar.

Lalu, smartphone dengan kamera yang memiliki fitur mode manual, mode pro, atau mode pakar. Nama dari mode yang ada di setiap smartphone pasti berbeda-beda.

Tapi, yang jelas, fitur ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengatur konfigurasi kamera smartphone seperti ISO, shutter speed, white balance, focus, dan lain-lain secara manual.

Untuk tutorial kali ini, Virenial menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 8. Berikut ini langkah-langkahnya.

Mencari tempat yang ramai kendaraan

Light Painting HP

Untuk membuat foto light trails, kamu hanya perlu mencari tempat yang ramai kendaraan saat malam hari.

Tapi, usahakan juga tempat itu kondisi cahayanya tidak terlalu terang.

Setting kamera di mode manual

foto light trails dari hp

Selanjutnya, kamu perlu melakukan pengaturan kamera di mode manual atau mode pro untuk smartphone Xiaomi. Atur ISO dan shutter speed dan fokus kamera sebagai berikut:

Shutter Speed: > 4 detik – 8 detik
ISO: 100-200 (tergantung kondisi cahaya yang ada)
Fokus: 100 (infinity)

Catatan: Kamu bisa melakukan eksperimen dengan mencoba pengaturan shutter speed dan ISO yang berbeda-beda. Gunakan settingan shutter speed diatas 4 detik untuk mendapatkan hasil terbaik.

Letakkan kamera pada tripod

Foto Light Trails dari HP

Selanjutnya, setelah kamu melakukan pengaturan kamera, untuk mendapatkan foto light trail yang baik, posisi kamera harus tetap diam saat proses pengambilan gambar berlangsung.

Jika kamera bergoyang, maka hasil light trails yang dihasilkan tidak akan sempurna.

Jika kamu tidak memiliki tripod, kamu bisa menggunakan botol, batu, atau benda lain yang bisa menahan HP kamu agar tetap diam saat mengambil gambar.

Ambil gambar

Foto Light Painting dengan kamera HP

Saatnya mengambil gambar. Perlu diperhatikan, jika didalam foto tersebut kamu menginginkan ada objek utama, misalkan seseorang, objek utama tersebut juga tidak boleh bergerak atau berubah posisi selama pengambilan gambar berlangsung.

Itulah cara mudah membuat foto light trail menggunakan kamera HP, berikut ini adalah beberapa hasil foto light trail yang diambil menggunakan kamera HP Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 7.

Untuk tutorial lebih jelasnya, silakan simak video berikut:

Tutorial membuat foto light trails atau light painting di atas menggunakan perangkat Xiaomi Redmi Note 8. Untuk perangkat dengan merk lain seperti Redmi, Realme, Vivo, Oppo, Samsung, dan lain sebagainya, pengaturan kamera manualnya kurang lebih sama.

Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0