in

Cara Membuat Dalgona Coffee, Mudah dan Anti Gagal

Dalgona Coffee

Banyak orang yang sedang mencari tahu cara membuat dalgona coffee yang mudah dan anti gagal dengan peralatan yang sederhana.

Belakangan ini, kopi dalgona memang sedang viral di media sosial. Tantangan membuat kopi khas Korea ini ramai-ramai dilakukan warganet ketika menjalani masa physical distancing.

Para netizen juga banyak yang mengunggah dalgona coffee hasil karya mereka sendiri ke media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tak hanya itu, berbagai tutorial cara membuat dalgona coffee ini juga saat ini sudah banyak beredar di YouTube.

Berikut ini adalah beberapa unggahan kopi dalgona hasil karya netizen di Instagram:

Dan masih banyak lagi postingan-postingan lainnya tentang dalgona coffee ini. Sebelum mengetahui resep membuat dalgona coffee, Virenial akan memperkenalkan terlebih dahulu sejarah dari dalgona coffee ini.

Sejarah Kopi Dalgona

Membuat dalgona coffee tanpa mixer

Dalgona coffee atau kopi dalgona ini memiliki tampilan yang cantik dan menarik, perpaduan antara susu cari di lapisan bawah serta foam kopi di bagian atasnya membuat kopi ini tampak bukan seperti kopi biasa.

Tahukah kamu? ternyata kopi dalgona ini berasal dari Korea Selatan. Minuman ini disebut dalgona coffee karena rasanya mirip dengan permen khas Korea Selatan, yakni dalgona.

Permen dalgona pertama kali muncul sekitar tahun 1960-an dan mulai populer di tahun 1970-an. Di Korea, permen ini sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk menemukan permen dalgona di Korea Selatan juga bukanlah menjadi hal yang sulit, karena hampir di setiap pusat jajanan hingga pasar tradisional pasti ada yang menjual permen ini.

Permen ini memiliki bentuk yang beragam, ada bentuk seperti hati, bintang, gajah, hingga bentuk lainnya.

Dalgona dianggap sebagai permen nostalgia, banyak orang Korea yang setuju bahwa permen dalgona ini bisa membangkitkan kenangan mereka saat masih kecil.

Munculnya kopi dalgona hingga menjadi viral di internet saat ini dimulai ketika YouTuber Korea bernama 자도르J’adore yang mengunggah video cara membuat dalgona coffee.

Meski video tersebut sudah diunggah sejak Januari lalu, namun baru kali ini banyak orang-orang yang mencobanya sendiri dan banyak yang menyukainya.

Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee Anti Gagal

Membuat kopi dalgona bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah, selain itu bahan-bahan serta peralatan yang digunakan untuk membuat dalgona coffee ini juga sangat mudah untuk didapat, dan murah.

Sebelum membuat kopi dalgona, siapkan dulu alat-alat dan bahan untuk membuat kopi dalgona.

Bahan dan resep membuat dalgona coffee:

  • 2 sachet kopi Nescafe Classic ukuran 2 gr (2 sendok makan kopi bubuk)
  • 2 sendok makan gula
  • 2 sendok makan air es
  • 200 ml susu full cream

Cara membuat dalgona coffee mudah anti gagal:

Untuk resep membuat dalgona coffee, campuran kopi, gula dan air harus dicampur dan dikocok hingga muncul buih. Untuk mengocok kopi, gula dan air bisa menggunakan mixer, hand mixer mini, blender, atau whisk.

Total Time: 10 menit

Campurkan Bahan-Bahan

Langkah pertama resep cara membuat dalgona coffee adalah mencampurkan bahan-bahan tadi dengan takaran 1:1:1, yaitu 2 sendok makan air es, 2 sendok makan gula pasir, dan 2 sachet kopi instan Nescafe Classic. Masukkan bahan-bahan di atas ke dalam wadah yang telah disediakan.

Kamu bisa menggunakan kopi instan merk Nescafe, tepatnya Nescafe Classic ukuran 2 gr untuk membuat dalgona coffee.

Nescafe Classic Untuk Dalgona

Kocok Bahan yang Dicampur

Kemudian, langkah selanjutnya adalah mengocok bahan-bahan yang dicampur tadi agar tercampur rata dan tunggu hingga warna campuran bahan di atas berubah menjadi foam kopi yang berwarna kecoklatan.

Kamu bisa menggunakan mixer, hand mixer mini, whisk, atau blender untuk mengocok bahan-bahan di atas agar lebih mudah dan cepat.

Hand Mixer Mini Untuk Mengaduk Dalgona Coffee

Campurkan Susu dan Dalgona ke Dalam Gelas

Setelah foam dalgona jadi, masukkan susu full cream ke dalam gelas. Bisa juga menambahkan es batu jika dalgona coffee ingin disajikan dalam keadaan dingin.

Setelah susu dan es batu dimasukkan ke dalam gelas, tuangkan juga dalgona di atas susu, dan dalgona coffee kamu siap untuk dinikmati.

Jangan lupa, foto dalgona coffee kamu untuk diunggah ke media sosial kamu, ya!

cara membuat dalgona coffee anti gagal

Resep dalgona coffee mungkin bisa berbeda-beda untuk setiap orang berdasarkan selera masing-masing.

Cara membuat dalgona coffee diatas bisa dilakukan sendiri di rumah dengan alat-alat dan bahan yang mudah didapatkan, selamat berkreasi.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0