in

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena langka yang jarang terjadi. Nah, tanggal 26 Desember 2019 nanti, Indonesia menjadi salah satu negara yang dilalui oleh fenomena alam gerhana matahari cincin.

Ada fakta menarik seputar gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 ini, salah satunya yaitu gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019 ini termasuk dalam kategori siklus saros 132, yaitu gerhana ke-46 dari total 71 gerhana.

Gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 nanti diprediksi akan dimulai pada pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB.

Seperti yang kita ketahui, gerhana matahari cincin tidak boleh dilihat secara langsung dengan mata telanjang, sebab hal itu bisa membuat kerusakan pada mata.

Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Cincin

Untuk dapat menyaksikan gerhana matahari, ada tips dan cara yang bisa dilakukan untuk bisa menyaksikan fenomena alam yang langka ini.

Berikut ini adalah tips dan cara aman menyaksikan gerhana matahari cincin.

Menggunakan Kacamata Khusus

Untuk bisa menyaksikan gerhana matahari, diperlukan kacamata khusus yang dilengkapi dengan filter cahaya.

Seperti yang kita ketahui, radiasi dari cahaya yang muncul dari matahari saat gerhana terjadi bisa menyebabkan retina mata rusak, kondisi ini disebut dengan istilah solar retinopathy.

Penglihatan orang yang terkena solar retinopathy, bisa kabur secara permanen. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan munculnya titik buta atau bintik hitam di mata.

Kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari biasanya dilengkapi dengan filter khusus dengan bahan sejenis kromium atau alumunium untuk melemahkan pancaran radiasi inframerah dari gerhana matahari.

Selain itu, ketika hendak menikmati gerhana, sebaiknya selalu ikuti intruksi keamanan dalam melihat gerhana.

Saat gerhana, matahari akan menjadi gelap karena tertutupi oleh bulan. Tetapi cahayanya tetap bisa berbahaya bagi mata jika dilihat secara langsung.

Ditulis oleh Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0