in

Gunung-Gunung Berapi Terpopuler di Dunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung berapi, gunung berapi di Indonesia tercatat berjumlah sekitar 139 gunung berapi.

Dengan jumlah gunung sebanyak itu, Indonesia memang rawan terkena bencana alam yang diakibatkan oleh letusan gunung berapi.

Berbicara tentang gunung berapi, kali ini Virenial akan membagikan list dari gunung-gunung berapi yang populer di dunia.

Gunung Soufriere Hills, Montserrat

Gunung Soufriere Hills, Montserrat

Gunung ini seperti ‘bom waktu’ untuk pulau Monstserrat. Gunung dengan bentuk kerucut yang terletak di kepulauan Karibia itu hingga saat ini terus menerus meletus sejak aktif kembali pada tahun 1995.

Akibat letusan gunung tersebut yang terjadi secara terus menerus, lebih dari setengah wilayah pulau itu tidak dapat dihuni. Bahkan sudah banyak penduduk yang meninggalkan pulau tersebut lantaran aktivitas gunung berapi tersebut yang terjadi terus menerus.

Yellowstone Caldera, Amerika Serikat

Yellowstone Caldera

Gunung berapi yang terletak di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat ini merupakan gunung berapi aktif.

Gunung Yellowstone juga disebut-sebut sebagai supervolcano yang sangat berbahaya jika meletus. Supervolcano ini diperkirakan terakhir kali meletus 700.000 tahun yang lalu.

Namun, para ilmuwan memprediksi bahwa gunung berapi ini akan meletus setiap satu juta tahun atau lebih.

Meskipun aktivitas dari gunung berapi ini cukup mengancam, namun gunung ini memiliki pemandangan yang cantik di Taman Nasional Yellowstone.

Gunung Krakatau, Indonesia

Gunung Krakatau, Indonesia

Pada tahun 1883, Gunung Krakatau meletus. Letusan Krakatau terdengar hingga ribuan kilometer, dan asapnya menutupi hampir seluruh permukaan Bumi.

Selain itu, letusan Krakatau juga menyebabkan dua pertiga bagian Krakatau runtuh dalam sebuah letusan berantai serta melenyapkan sebagian besar pulau di sekelilingnya.

Letusan ini adalah salah satu letusan gunung api paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah, menimbulkan setidaknya 36.417 korban jiwa akibat letusan dan tsunami yang dihasilkannya. Dampak letusan ini juga bisa dirasakan di seluruh penjuru dunia.

Piton de la Fournaise

Piton de la Fournaise

Piton de la Fournaise adalah gunung dengan ketinggian 2632 meter yang terletak di pulau Réunion.

Gunung ini merupakan salah satu yang paling aktif di dunia. Tercatat, tiga kali sudah Gunung Piton de la Fournaise erupsi di tahun 2015. Bahkan, 170 letusan besar sudah terjadi sejak abad ke-17 oleh gunung tersebut.

Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji

Gunung tertinggi di Jepang ini terkenal dengan lapisan salju di atas puncaknya.

Gunung berapi ini adalah gunung berapi aktif, namun dengan kemungkinan meletus yang rendah. Sebab, gunung ini tercatat terakhir kali meletus pada tahun 1708.

Gunung Fuji adalah gunung berapi yang populer di Jepang. Sekitar 200.000 orang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya, 30% di antaranya orang asing. Tenggat waktu yang paling populer bagi para pendaki adalah dari 1 Juli hingga 27 Agustus. Pendakian bisa memakan waktu dari 3 hingga 7 jam sementara penurunan gunung mencapai sekitar 2 hingga 5 jam.

Ditulis oleh Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0