in

7 Hewan yang Tidak Memiliki Umur Panjang

Ada berbagai macam jenis hewan yang ada di dunia ini. Tentu saja, hewan-hewan yang ada di dunia ini memiliki keunikan masing-masing.

Membicarakan dunia hewan memang cukup menarik. Kita bisa mengetahui berbagai macam jenis hewan, kebiasaan mereka, hingga makanan kesukaan hewan-hewan dari berbagai jenis.

Tapi, pernahkah kamu terpikirkan tentang seberapa lama umur yang bisa dicapai oleh hewan-hewan yang ada di dunia ini? pasti ada yang bisa memiliki umur sangat panjang, tapi ada juga hewan yang memiliki umur pendek, bahkan ada yang hanya hidup dalam hitungan jam saja, lalu mati.

Hewan-Hewan dengan Umur Terpendek di Dunia

Setiap jenis hewan pasti memiliki waktu untuk bertahan hidup yang berbeda-beda. Ada yang bisa hidup sangat lama hingga bertahun-tahun, tapi ada juga yang hanya bisa hidup dalam hitungan hari bahkan jam.

Dan berikut ini adalah 7 hewan dengan umur terpendek di dunia.

1. Semut Bersayap

Semut Terbang

Semut umumnya tidak memiliki sayap, namun semut yang satu ini berbeda. Semut bersayap memiliki sayap untuk terbang saat musim kawin tiba.

Semut jantan yang sudah dewasa akan mencari betina dan berkembangbiak. Sedangkan semut betina dewasa, setelah musim kawin, ia akan terbang mencari tempat baru dan membuat koloni baru.

Perlu diketahui, siklus kehidupan dari semut terbang ini hanya berlangsung selama 3 minggu saja.

2. Lalat

Lalat

Lalat adalah serangga yang paling umum untuk dijumpai di berbagai belahan dunia.

Hewan yang dianggap kotor dan suka membawa penyakit ini ternyata hanya memiliki siklus hidup selama 4 minggu saja. Meski begitu, kehidupan para lalat ini ternyata cukup sibuk.

3. Lebah

Lebah

Lebah dikenal sebagai serangga penghasil madu. Di alam, lebah sangat berperan penting sebagai serangga penyerbuk utama.

Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari membantu tumbuhan untuk terjadinya penyerbukan silang dan penyebaran serbuk sari. Sama seperti lalat, lebah juga memiliki siklus hidup sekitar 4 minggu lamanya.

4. Nyamuk

Nyamuk

Salah satu serangga yang sering menjadi musuh manusia adalah nyamuk. Hewan yang satu ini sangat suka sekali menghisap darah dan meninggalkan rasa gatal.

Tak jarang, nyamuk-nyamuk ini sering membuat jengkel banyak orang. Sama seperti lalat dan lebah, nyamuk juga memiliki siklus hidup selama 4 minggu saja.

5. Capung

capung
Capung

Salah satu serangga dengan bentuk paling keren ini ternyata memiliki siklus hidup yang sangat singkat.

Capung dewasa yang tubuhnya seperti miniatur helikopter ini mampu bertahan hidup selama empat bulan. Namun, kebanyakan hanya memiliki umur selama 1 hari saja.

6. Gastrotricha

Gastrotricha

Baru pertama kali mendengar hewan ini? hewan ini merupakan hewan yang berukuran sangat kecil dan tinggal di palung laut yang dalam.

Ukuran maksimalnya hanya 0.06 – 3 mm. Pada umumnya usia hewan ini berkisar antara 2-3 hari saja.

7. Lalat Capung

Lalat Capung

Hewan ini sudah ada sebelum zaman dinosaurus. Para ilmuwan memperkirakan lalat capung sudah ada sejak 350 juta tahun lalu.

Lalat capung juga memiliki siklus hidup yang cukup rumit. Seekor lalat capung akan terlahir sebagai Nimfa. Dari Nimfa ini mereka akan berkembang menjadi Subimago dimana tiba saat lalat capung kecil tumbuh jadi lalat capung dewasa dan siap untuk berkembang biak.

Lalu setelah dewasa lalat capung berubah menjadi Imago dan tujuan hidupnya hanya untuk bereproduksi. Sebab setelah itu mereka akan mati dalam waktu 24 jam. Rekor waktu mati seekor lalat capung dewasa setelah bereproduksi ialah 5 menit.

Ditulis oleh Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0