in

7 Fenomena Langit di Tahun 2020

Supermoon Rising

Pada akhir tahun 2019, masyarakat Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan gerhana matahari cincin yang terjadi pada akhir Desember 2019.

Jika kamu belum puas dengan fenomena langit yang terjadi di akhir tahun lalu, jangan khawatir, sebab di tahun 2020 ini juga akan ada banyak fenomena alam yang akan menghiasi langit di tahun ini.

Hal ini pantas menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Sebab, fenomena-fenomena semacam ini tergolong fenomena langka yang tidak setiap waktu bisa disaksikan.

Mulai dari gerhana, hujan meteor, hingga supermoon akan menjadi fenomena alam yang akan menjadi penghias indahnya langit di tahun 2020, berikut ini adalah 7 daftar lengkapnya.

1. Gerhana Matahari Cincin

Eclips ring

Bumi akan kembali menyambut fenomena alam gerhana matahari cincin setelah sebelumnya terjadi pada 26 Desember 2019.

Kali ini, jalur yang akan dilewati oleh gerhana matahari cincin ini adalah negara-negara Afrika dan Asia Selatan seperti Republik Afrika Tengah, Kongo, Ethiopia, India, Pakistan, Oman dan China.

Untuk negara-negara di sekitar jalur utama, gerhana matahari sebagian bisa diamati di negara-negara tersebut. Fenomena ini sendiri akan terjadi pada 21 Juni 2020 mendatang.

2. Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra

Bukan hanya sekali, gerhana bulan penumbra ini akan terjadi sebanyak tiga kali di tahun 2020.

Tepatnya pada tanggal 6 Juni dan 30 November, sebelunya gerhana bulan penumbra sudah pernah terjadi di tahun 2020 pada tanggal 11 Januari.

3. Gerhana Matahari Total

Eclipse

14 Desember 2020 nanti akan ada fenomena alam gerhana matahari total. Proses terjadinya gerhana matahari total ini terjadi ketika Bumi, Bulan dan Matahari berada di posisi sejajar dan Bulan berhasil menutupi seluruh bagian Matahari.

Namun sayangnya, fenomena langka ini hanya akan bisa diamati dari beberapa negara Amerika Selatan yaitu Argentina dan Chile. Beberapa wilayah di negara ini bahkan bisa menikmati momen kegelapan selama 2 menit 9 detik.

4. Supermoon

Supermoon
Supermoon Rising

Supermoon adalah fenomena alam dimana ukuran Bulan akan terlihat lebih besar dari biasanya.

Ada tiga supermoon yang akan terjadi pada tahun 2020 yaitu Super Worm Moon (9 Maret), Super Pink Moon (8 April) dan Super Flower Moon (7 Mei).

5. Oposisi Jupiter dan Saturnus

Milky Way

Karena Bumi merupakan planet di sisi dalam, tiap satu hari dalam setahun planet kita berada di antara Matahari dan planet sisi luar lainnya. Fenomena ini dinamakan oposisi.

Pada hari itu, planet sisi luar tersebut akan terlihat sangat cerah dari Bumi dan bisa dilihat menggunakan teleskop. Di tahun 2020, Saturnus dan Jupiter akan berada di oposisi dengan Bumi, pada minggu yang sama.

Oposisi Jupiter akan terjadi pada 14 Juli mendatang. Sedangkan oposisi Saturnus akan terjadi pada 20 Juli, jadi siapkan teleskop kalian ya.

6. Tiga Hujan Meteor

Hujan Meteor

Di tahun 2020 ini, diperkirakan akan ada tiga hujan meteor yang akan terjadi.

Hujan meteor yang akan terjadi di tahun ini antara lain:

  • Hujan meteor Lyrid, 21-22 April.
  • Hujan meteor Leonid, 16-17 April.
  • Hujan meteor Geminid, 13-14 Desember.

Di tahun ini kamu bisa menyaksikan hujan meteor yang indah dengan mudah, sebab langit akan cerah.

7. ‘Great Solstice Appulse’

Great Solstice Appulse

Ini merupakan fenomena yang sangat langka, karena belum pernah terjadi lagi sejak tahun 2000 dan baru akan muncul lagi pada tahun 2040.

Pada 21 Desember 2020, Saturnus dan Jupiter akan berada di posisi yang sangat dekat (hanya terpisah 0.06º) setelah terbenam.

Astronomer menyebut fenomena ini sebagai ‘appulse’ dan sebenarnya hanya masalah perspektif belaka. Jupiter dan Saturnus mungkin saling berjarak ratusan juta kilometer, tapi dari Bumi, planet-planet raksasa ini terlihat seperti menyatu.

Ditulis oleh Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0