in

Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Tidak Mudah Dibobol

Akun Facebook

Facebook menjadi salah satu sosial media dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia. Bahkan sebuah statistik menunjukkan setiap harinya sekitar lebih dari 1,7 miliar orang di seluruh dunia secara rutin membuka Facebook setiap hari.

Kesuksesan Facebook membuat pendirinya, Mark Zuckerberg mencatatkan diri sebagai salah satu manusia terkaya di dunia.

Bahkan, saat ini Facebook sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia yang juga mengoperasikan Instagram dan WhatsApp, yang saat ini menjadi ‘sosial media wajib’ untuk dimiliki di masa sekarang.

Sejak awal kemunculan Facebook hingga sekarang, pembobolan akun Facebook sudah sangat sering terjadi. Meski saat ini sistem keamanan di Facebook sudah dibuat dengan sangat ketat, namun menjaga akun Facebook agar tetap aman harus dilakukan.

Apalagi, jika akun Facebook yang digunakan merupakan akun yang terhubung dengan akun bisnis, tentu keamanan akun menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengamankan akun Facebook agar aman dari serangan hacker.

Akun Facebook Hacker

Gunakan Email atau Nomor Ponsel yang Terverifikasi

Salah satu hal yang sering disepelekan oleh pemilik akun Facebook adalah alamat email atau nomor telepon yang digunakan untuk membuat akun. Padahal, alamat email atau nomor telepon adalah data paling penting untuk sebuah akun.

Dengan memasukkan alamat email atau nomor ponsel yang tidak terverifikasi atau bahkan alamat email palsu, itu akan mempermudah akun untuk bisa dibobol oleh hacker.

Agar akun aman, gunakan nomor ponsel yang valid dan lakukan verifikasi nomor ponsel. Jika menggunakan email untuk mendaftar email, pastikan kamu sudah melakukan verifikasi email yang digunakan untuk mendaftar Facebook.

Kamu bisa membuat email di Gmail, Yahoo, atau penyedia email lain untuk mendaftar ke Facebook.

Tapi, perlu diperhatikan, kamu harus selalu ingat kata sandi dan alamat email kamu, dan pastikan email yang digunakan aktif. Ini berguna jika suatu saat kamu lupa kata sandi Facebook untuk melakukan reset password.

Gunakan Kata Sandi yang Rumit, Tapi Mudah Diingat

Kata sandi bisa diibaratkan seperti kunci rumah, jadi buatlah kata sandi yang kuat, mudah diingat, tapi sulit untuk ditebak oleh orang lain.

Salah satu cara membuat kata sandi yang rumit tapi mudah diingat adalah dengan mengkombinasikan huruf, angka dan simbol.

Dengan menggabungkan ketiganya, kata sandi yang kamu buat tidak hanya kuat dan rumit, tapi kamu bisa dengan mudah mengingatnya.

Misalnya, kamu membuat kata sandi dengan nama kucing kesayanganmu. Misal nama kucing kamu adalah Jimin Blue Eyes, kamu bisa membuat kata sandi dengan nama tersebut tapi membuatnya rumit dengan menggabungkan angka, huruf (besar-kecil), dan simbol, contoh: J!M1nBLu3Ey3s. Bagaimana, mudah bukan?

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi 2-Faktor adalah salah satu fitur keamanan yang saat ini sudah banyak digunakan di perusahaan-perusahaan teknologi, salah satunya Facebook.

Teknologi ini membantu melindungi akun dari upaya pembobolan akun selain mengamankannya dengan kata sandi.

Jika kamu mengaktifkan fitur ini, kamu akan diminta untuk memasukkan kode khusus saat ada percobaan login dari perangkat, atau browser yang tidak dikenali.

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengamankan akun Facebook dari serangan hacker dan agar tidak mudah dibobol. Dengan menjalankan tips-tips di atas, akun Facebook kamu akan menjadi lebih aman.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0