in

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Media Sosial Pertama di Dunia

Media Sosial Pertama di Dunia

Virenial – Apakah kamu pernah bertanya, apa media sosial pertama yang pernah ada? Memiliki akun media sosial di zaman sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian besar orang.

Media sosial membuat orang-orang di internet dapat berinteraksi satu sama lain, selain itu, kehadiran media sosial di masa sekarang ini juga berdampak pada penyebaran informasi yang saat ini terjadi dengan sangat cepat.

Berbicara tentang media sosial, apakah kamu tahu apa nama media sosial yang pertama kali ada? Mungkin kamu telah mengenal Facebook, yang saat ini menjadi media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia.

Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004, namun sebelum Facebook lahir, sudah ada Friendster yang diciptakan oleh Jonathan Abrams dua tahun sebelumnya.

Namun, jauh sebelum Facebook dan Friendster ada, ternyata sudah ada situs media sosial yang telah dibuat pada 1997, yaitu Six Degrees.

Six Degrees, Situs Media Sosial Pertama yang Diketahui

Media Sosial Pertama

Six Degrees diciptakan 23 tahun silam pada tahun 1997. Hampir sama seperti Facebook dan Friendster, Six Degrees mengizinkan penggunanya untuk mengunggah foto profile serta saling berteman dengan pengguna lainnya.

Ketika blog mulai dikembangkan dan populer pada tahun 1999, popularitas media sosial menjadi semakin tinggi.

Kemudian, situs-situs seperti MySpace dan LinkedIn menjadi terkenal di tahun 2000-an. Situs-situs berbagi foto online seperti Photobuckert dan Flickr juga menjadi terkenal pada saat itu.

Pada tahun 2005, YouTube dibuat dan menjadi situs berbagi video paling sukses hingga sekarang.

Lalu pada tahun 2006, Facebook dan Twitter sudah tersedia untuk pengguna di seluruh dunia.

Hingga kini, Facebook dan Twitter menjadi situs media sosial yang berjaya dengan ratusan juta hingga miliaran pengguna aktif dari berbagai belahan dunia.

Suksesnya Facebook dan Twitter juga diikuti dengan munculnya media-media sosial baru seperti Tumblr, Foursquare, Pinterest, hingga Instagram yang populer hingga sekarang.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0