in

Ramai Foto Wallpaper Danau Bikin HP Android Rusak, Ini Penyebabnya

Wallpaper Android Bikin HP Rusak

Beberapa waktu yang lalu, sebuah foto pemandangan mendadak viral dan ramai diperbincangkan. Bukan tanpa alasan, foto itu disebut-sebut bisa membuat smartphone Android rusak jika dijadikan wallpaper.

Foto wallpaper yang bisa membuat HP Android rusak tersebut pertama kali dilaporkan oleh akun Twitter @UniverseIce, salah satu akun leaker smartphone terkenal.

Dalam kicauannya di Twitter, ia mengimbau para pengguna Android, khususnya Samsung untuk tidak mencoba-coba menggunakan foto tersebut sebagai wallpaper atau lockscreen karena bisa menyebabkan ponsel hang hingga rusak.

Namun, foto ini tidak berbahaya jika hanya disimpan di galeri dan tidak digunakan sebagai wallpaper atau lockscreen.

Apa Penyebabnya?

Gambar Wallpaper Bikin Android Rusak

Penyebab pasti yang menyebabkan foto tersebut bisa membuat HP Android rusak memang belum diketahui. Namun, para ahli keamanan menyebut hal itu mungkin terjadi karena spektrum warna di foto ini yang menjadi sumber masalah.

Foto danau berlatar gunung tersebut dilaporkan memiliki color space yang lebih besar daripada foto pada umumnya.

Ketika foto tersebut dipasang sebagai wallpaper di smartphone, ponsel Android, terutama Samsung dan Google Pixel akan mengalami crash.

@UniverseIce, dalam cuitannya juga menyebut bahwa foto yang ia unggah di media sosial Weibo tidak menyebabkan kerusakan ketika dijadikan wallpaper. Ia juga menjelaskan bahwa foto yang ia unggah itu, saat diunggah ke Weibo mengalami perubahan warna, sedangkan di Twitter tidak.

Dia pun menyimpulkan bahwa mungkin masalah wallpaper yang disebabkan foto ini terkait dengan color gamut.

Efek yang Ditimbulkan Akibat Wallaper ‘Setan’ Ini

Gambar Wallpaper Bikin Android Rusak

Pengguna melaporkan bahwa kerusakan yang ditimbulkan akibat masalah wallpaper tersebut membuat layar smartphone menjadi berkedip, nyala dan mati berulang kali, yang menyebabkan pengguna kesulitan untuk membuka ponsel.

Selain itu beberapa pengguna juga ada yang melaporkan crash yang ditimbulkan itu membuat ponsel menampilkan log metadata yang sulit dipahami.

Android Authority, yang melakukan tes pada Huawei Mate 20 Pro dan Google Pixel 2 mengungkapkan bahwa Mate 20 Pro tidak mengalami masalah apapun saat menyetel gambar tersebut menjadi wallpaper.

Sementara pada Google Pixel 2, smartphone tersebut benar-benar mengalami masalah dan baru bisa diatasi setelah melakukan reset pabrik.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0