in

Inilah Kelebihan Telegram dibanding WhatsApp

kelebihan telegram dibanding whatsapp

WhatsApp telah menjadi aplikasi chatting paling populer di dunia. Namun, meski begitu, Telegram yang merupakan pesaing WhatsApp disebut-sebut memiliki kelebihan dibanding WhatsApp.

Perlu diketahui, WhatsApp saat ini sudah terus berkembang. Aplikasi yang awalnya hanya identik dengan pesan instant dan video call ini, sekarang sudah menjelma bagaikan sosial media lewat salah satu fitur unggulannya, stories.

Menurut data statistik yang ada, saat ini pengguna WhatsApp sudah mencapai lebih dari 1,5 miliar pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Telegram, Pesaing WhatsApp dari Rusia

Keunggulan Telegram dibandingkan WA

Selain WhatsApp, ada juga aplikasi messaging lain yang juga sedang populer di kalangan pengguna smartphone, aplikasi tersebut adalah Telegram.

Meski belum sepopuler WhatsApp, namun Telegram disebut-sebut memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi milik Facebook tersebut.

Melansir dari Forbes, saat ini pengguna Telegram baru sekitar 200 juta pengguna aktif. Tentu angka tersebut masih kalah jauh dibandingkan dengan jumlah pengguna WhatsApp.

Untuk pengguna yang masih belum mengenal Telegram, harus diketahui bahwa sistem antar-muka aplikasi ini memang sedikit mirip dengan WhatsApp.

Selain itu, Telegram juga menggunakan nomor telepon untuk verifikasi, mengirim serta menerima pesan.

Namun, Telegram diklaim lebih aman dalam meng-enkripsi pesan-pesan yang dikirimkan sehingga tidak akan mudah disadap oleh hacker.

Jika kamu ingin mencoba aplikasi Telegram, kamu harus tahu kelebihan Telegram dibandingkan WhatsApp.

1. Fitur Keamanan yang Lebih Baik

Telegram disebut-sebut sangat menjaga kerahasiaan privasi dan data penggunanya.

Para pakar keamanan teknologi juga mengatakan hal serupa. Bahkan, fitur enkripsi end-to-end Telegram disebut-sebut mampu melindungi privasi pesan pengguna lebih baik dari WhatsApp.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur ‘Secret Chat’ yang akan melindungi privasi pengguna saat mengrimkan pesan.

2. Bisa Kirim File Asli atau Dikompres

Ketika mengirimkan foto atau video di WhatsApp, maka ukuran foto atau video yang dikirmkan akan dikompres secara otomatis.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghemat data pengguna, namun hal ini akan mengurangi kualitas dari file yang dikirim.

Di Telegram, pengguna bisa memilih sendiri file dengan ukuran asli atau memilih untuk mengkompres ukuran file yang akan dikirim.

3. Grup Chat yang Bisa Tampung 200.000 Anggota

Telegram dalam update terbarunya mengatakan bahwa saat ini, grup chatting bisa menampung sekitar 200.000 anggota.

Dengan limit jumlah anggota grup sebesar itu, kamu bisa membuat grup chatting komunitas yang besar di Telegram.

4. Fitur Bot Chat

Fitur ini mungkin akan dipandang remeh, padahal, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan chat bot ini!

Misalnya, mendapatkan pemberitahuan dan berita, menerima pembayaran dari pengguna Telegram, mengetahui ramalan cuaca dan menerjemahkan bahasa.

Selain itu, bot bisa menghubungkan kita dengan orang yang memiliki minat atau kedekatan yang sama.

5. Fitur Stiker Animasi

Pada aplikasi Telegram, pengguna bisa menngunduh stiker animasi dengan grafis yang berkualitas.

Stiker di Telegram ini berguna untuk mengekspresikan perasaan pengguna. Selain itu, pilihan stiker di Telegram juga beragam.

6. Download Stiker di Telegram Langsung

Kelebihan Telegram dibanding WhatsApp lainnya adalah, pengguna bisa langsung mengunduh stiker secara langsung di aplikasi Telegram.

Berbeda dengan WhatsApp yang hanya menyediakan beberapa stiker default, selebihnya pengguna bisa mengunduh stiker WhatsApp di Play Store.

7. Edit Pesan yang Sudah Terkirim

Fitur ini mungkin menjadi salah satu keunggulan Telegram dibanding WhatsApp selanjutnya, di Telegram kamu bisa mengedit pesan yang sudah terkirim.

Sedangkan di WhatsApp, jika kamu typo atau salah kirim, kamu tidak bisa mengedit pesan, kecuali menghapusnya.

8. Fitur Username

Keunggulan Telegram selanjutnya dibanding WhatsApp adalah kamu bisa menggunakan username sebagai pengganti nomor telepon.

Ini akan sangat berguna jika kamu merasa keberatan untuk membagikan nomor telepon kamu ke orang lain.

Username tersebut juga bisa dipilih sendiri oleh pengguna sesuai dengan keinginan mereka.

9. Memiliki Fitur Channel

Telegram memiliki fitur channel yang memungkinkan pemilik channel untuk mengirimkan update berita, text, gambar maupun video ke para pengikutnya di channel tersebut.

Kerennya lagi, tidak ada batasan jumlah pengikut untuk sebuah channel di Telegram.

Setelah mengetahui sederet keunggulan Telegram dibadningkan WhatsApp, apakah sekarang kamu berminat untuk mencoba aplikasi yang diklaim memiliki keamanan yang lebih baik dari WhatsApp ini?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0