in

Dituding Langgar Privasi Pengguna, Google Terancam Denda USD 5 Miliar

Google

Google dituding telah melakukan pelanggaran privasi pengguna, raksasa mesin pencari tersebut digugat lewat class action karena dituduh secara ilegal telah melacak browsing pengguna, bahkan saat pengguna berada dalam mode penyamaran browser.

Melalui gugatan tersebut, Google dituntut membayar denda sebesar US$ 5 Miliar atau setara dengan Rp. 70 triliun. Google dituding mengumpulkan data pencarian pengguna dan lokasi dimana mereka melakukan pencarian.

Dari dokumen pengaduan yang diajukan ke pengadilan federal San Jose, California, Amerika Serikat, disebutkan bahwa Google mengumpulkan data melalui Google Analytic, Google Ad Manager serta sejumlah aplikasi di ponsel pintar.

Melalui aplikasi tersebut, Google bisa mempelajari tentang teman-teman pengguna, hobi, makanan kesukaan, aktivitas belanja, hingga hal paling personal lainnya.

“Google tidak boleh terus terlibat dalam pengumpulan data rahasia dan ilegal dari setiap pengguna komputer atau smartphone,” bunyi gugatan tersebut seperti dikutip dari Reuters.

Tanggapan Google

Logo Google

Sementara itu, juru bicara Google, Jose Castaneda, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pembelaan terkait hal ini.

“Kami dengan jelas menyatakan bahwa setiap kali Anda membuka tab incognito, website masih mungkin bisa mengumpulkan informasi tentang aktivitas penjelajahan internet Anda,” tegasnya.

Banyak pengguna yang menganggap bahwa mode incognito pada browser adalah mode yang aman untuk melakukan browsing yang bersifat pribadi. Sebenarnya, fitur ini hanya memisahkan jendela dengan peramban utama.

Bedanya, dalam mode incognito, seluruh sesi, cookies, dan riwayat browsing yang tersimpan di dalam browser akan otomatis ditutup dan terhapus setelah pengguna menutup browser.

Sementara itu, para peneliti keamanan komputer telah lama menyuarakan keprihatinan bahwa Google dan layanan sejenisnya bisa melacak identitas pengguna dalam berbagai mode pencarian internet.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0