in

Data Pengguna Tokopedia Bocor, Ini Langkah Untuk Mengamankan Akun

Sebanyak 91 juta data pribadi pengguna Tokopedia dikabarkan bocor. Bahkan, data yang berhasil dibobol oleh hacker itu sudah diperjual-belikan di forum jual-beli online di dark web.

Jika kamu adalah pengguna aktif di Tokopedia, sebaiknya segera melakukan langkah-langkah untuk mengamankan akun kamu di sana, salah satunya dengan segera mengganti password.

Selain mengganti password, kamu juga perlu untuk melakukan langkah keamanan tambahan agar akun kamu menjadi lebih aman, caranya:

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Tokopedia diretas

Verifikasi 2 langkah sebenarnya sudah digunakan oleh banyak perusahaan teknologi sejak cukup lama, Facebook dan Google salah satunya.

Cara kerja sistem keamanan ini adalah dengan meminta kode OTP yang dikirimkan sistem ke nomor ponsel pengguna. Kode OTP tersebut digunakan sebagai ‘gerbang terakhir’ sebelum pengguna benar-benar bisa masuk ke dalam akun setelah memasukkan nama pengguna dan password, terutama jika akun diakses dari lokasi yang tidak biasa.

Selain itu, Tokopedia juga sudah support verifikasi 2 faktor menggunakan Google Authenticator. Untuk mengaktifkannya Google Authenticator dapat dilakukan dengan cara mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store terlebih dahulu.

Kemudian, scan QR code di website Tokopedia, yang dapat ditemukan di pengaturan profil akun kamu.

Selanjutnya, kamu akan diberikan opsi untuk memilih metode verifikasi kode OTP lewat WhatsApp atau SMS. Lalu, kamu akan mendapatkan enam digit untuk masuk ke akun Tokopedia.

Ditulis oleh Ahlun

Lagi ngejalanin hidup yang 'gini-gini aja'. Hehe

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0