in

4 Kelompok Hacker Paling Terkenal di Dunia

Hacker

Hacker merupakan sebutan bagi seseorang atau kelompok yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi dan juga mampu untuk masuk ke jaringan komputer dengan memanfaatkan sebuah celah rentan (bug) pada komputer.

Peretas biasanya akan mengeksploitasi bug yang ditemukan dalam suatu jaringan dengan menyisipkan kode/software berisi malware dengan tujuan untuk mencuri informasi atau mengambil alih komputer target dengan tujuan tertentu.

Di dunia ini, ada banyak sekali kelompok-kelompok hacker yang sudah memiliki reputasi di dunia. Kebanyakan para hacker tersebut melakukan aksinya secara berkelompok dan saling bekerjasama.

Beberapa kelompok hacker bahkan ada yang sangat terkenal karena pernah melakukan sebuah aksi peretasan yang menghebohkan dunia. Berikut ini adalah 4 grup hacker paling terkenal di dunia.

Anonymous

Anonymous

Semua orang pasti mengenal kelompok hacker yang satu ini. Bahkan, majalah TIME memasukkan Anonymous ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Anonymous tersebar di seluruh belahan dunia, mereka tidak memiliki struktur organisasi dan siapapun bisa bergabung menjadi Anonymous.

Grup hacker ini terkenal dengan topeng Guy Fawkes dalam film V for Vendetta. Anonymous pernah melancarkan serangan ke website-website instansi pemerintah Amerika Serikat, Israel, Tunisia, dan banyak lagi.

Banyak yang menyebut bahwa Anonymous adalah pejuang kebebasan, sementara ada pula yang menganggap mereka sebagai teroris siber.

LulzSec

LulzSec

Salah satu kelompok peretas yang juga memiliki kemampuan yang diperhitungkan lainnya adalah LulzSec.

Sejak tahun 2011, sepak terjang mereka sempat membuat kacau situs-situs pemerintahan Amerika Serikat. Situs CIA, Angkatan Darat AS, Sony Pictures hingga Electronic Arts sempat mereka susupi.

Namun, pada tahun 2013, keberadaan mereka berhasil tercium dan anggotanya berhasil diringkus di Inggris. Keempat anggota peretas LulzSec yang berhasil diringkus adalah Ryan Cleary (21 tahun), Jake Davis (20 tahun), Mustafa al-Bassam (18 tahun), dan Ryan Ackroyd (26 tahun).

LulzSec pernah membuat hoax berita kematian Rupert Murdoch ketika mereka berhasil meretas situs surat kabar News Corporation.

The Level Seven Crew

The Level Seven Crew

Salah satu kelompok hacker yang paling berbahaya adalah The Level Seven Crew. The Level Seven Crew dikreditkan sebagai kelompok pertama yang meretas domain dan server di Maroko.

Kelompok ini telah dikaitkan dengan kelompok paling aktif atau Top 20 sepanjang masa dengan mengklaim bertanggung jawab atas lebih dari 60 penetrasi sistem komputer yang tidak sah pada tahun 1999 saja.

Bank Nasional Amerika Pertama, Komite Data Geografis Federal, NASA dan Sheraton Hotels adalah beberapa situs terkenal yang pernah diretas oleh grup tersebut.

Pada tahun 2000, kelompok peretas ini akhirnya bubar setelah anggotanya diciduk oleh FBI.

Lizard Squad

Lizard Squad

Lizard Squad dikenal dengan serangan denial-of-service (DDoS) yang terdistribusi terhadap layanan terkait game.

Pada awal September 2014, Lizard Squad sempat mengumumkan bahwa kelompok mereka telah bubar, namun ternyata mereka kemudian melakukan beberapa jenis serangan kembali.

Pada 26 Januari 2015, situs web Malaysia Airlines diserang dengan mengarahkan pengguna ke halaman yang memuat gambar kadal berlabel tuksedo, terdapat tulisan “Hacked by Cyber ​​Khilafah” di laman tersebut.

Julius Kivimaki (zeekill) adalah anggota Lizard Squad yang dituduh bertanggung jawab atas 50.000 kejahatan siber.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0