0
5 shares

Danau Toba sangat terkenal akan pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah. Tapi, yang harus kamu ketahui adalah, sebenarnya Danau Toba terbentuk akibat dari letusan dahsyat sebuah gunung berapi supervolcano sekitar 74.000 tahun yang lalu.

Dibalik keindahan Danau Toba dan alam sekitarnya, ternyata di bawah danau tersebut terdapat sebuah gunung berapi super besar (supervolcano) yang sedang ‘tertidur’.

Toba Supervolcano yang meletus 74 ribu tahun yang lalu itu menarik minat para ilmuwan untuk meneliti erupsi terdahsyat selama 2 juta tahun terakhir itu.

Terbentuknya Danau Toba

Toba Lake

Rein van Bemmelen, seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda yang lahir di Indonesia memaparkan bahwa Toba adalah sebuah gunung berapi.

Danau yang kita lihat sekarang ini, 74 ribu tahun yang lalu adalah sebuah gunung supervolcano yang meletus sangat dahsyat. Setelah letusan dahsyat itu, kaldera daru Toba Supervolcano itu tertutup bebatuan beku.

Kaldera yang tertutup bebatuan itu kemudian terisi oleh air hingga membentuk sebuah danau yang sekarang kita kenal sebagai Danau Toba yang memiliki luas 1.130 km².

Erupsi Super Dahsyat

Toba Supervolcano dipercaya meletus dengan sangat dahsyat. Volcanic Explosivity Index (VEI) menunjukan bahwa erupsi Gunung Toba 74.000 tahun lalu itu berada pada level 8 VEI, yaitu level paling tinggi.

Diperkirakan 2.800 kilometer kubik magma dilontarkan ketika erupsi besar terjadi, yang setara dua kali volume Gunung Everest. Erupsinya 5.000 kali lebih mengerikan dari letusan Gunung St Helens pada 1980 di Amerika Serikat. Bahkan, area luncuran awan panas dari Toba Supervolcano ini mencapai area seluas 20.000 km persegi.

Awan panas itu menimbun nyaris seluruh daratan Sumatera mulai dari Samudera Hindia di sebelah barat hingga Selat Malaka di sebelah timur dengan ketebalan material rata-rata 100 meter dan di beberapa area mencapai 400 meter.

Efek Global dari Erupsi Toba

Erupsi supervolcano Toba yang begitu dahsyat dipercaya memiliki efek yang sangat luas bagi Bumi. Letusan dahsyat itu dipercaya telah membinasakan sekitar 60 persen makhluk hidup pada masa itu.

Ledakan super besar itu juga menyebabkan musim dingin vulkanik yang menurunkan suhu global rata-rata sebesar 3–5 °C.

Meski sudah erupsi dahsyat 74.000 tahun yang lalu, para ilmuwan percaya bahwa Toba masih aktif dan akan kembali mengalami erupsi yang begitu dahsyat. Namun, para ilmuwan yakin bahwa hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Supervolcano Lain

Yellowstone Supervolcano
Yellowstone

Selain supervolcano Toba di Indonesia, di Amerika juga terdapat Yellowstone supervolcano yang dipercaya sebagai supervolcano yang sama mengerikannya seperti Toba jika meletus.

Jika Yellowstone kembali meletus, kekuatan erupsinya diperkirakan ribuan kali lebih kuat dari letusan gunung St. Helens pada 1980. Ia akan memuntahkan lava ke langit, sementara abunya yang panas akan mematikan tanaman dan mengubur wilayah sekitarnya hingga radius lebih dari 1.600 kilometer.

Tak hanya itu, dua pertiga wilayah Amerika Serikat bisa jadi tak dapat dihuni lagi karena udara beracun yang berembus dari kaldera.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa abu hasil letusan dapat menghalangi sinar Matahari dan menyebabkan penurunan suhu Bumi secara drastis. Hal tersebut dapat mengakibatkan kelangkaan pangan dan kematian massal.


Like it? Share with your friends!

0
5 shares

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Huek! Huek!
0
Huek!
Kesel Kesel
0
Kesel
Menarik Menarik
0
Menarik
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut
Wow Wow
0
Wow
Nazar

Penggemar klepon dan tempe penyet.

Komentar

komentar

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format