in

Apakah Manusia Benar-Benar Sendirian di Alam Semesta?

Hingga saat ini, para ilmuwan masih terus mencoba untuk mencari informasi dan bukti tentang kehidupan lain di alam semesta.

Kosmos

Virenial – Sudah sejak lama pertanyaan apakah manusia benar-benar sendirian di alam semesta menjadi tanda tanya besar dalam kehidupan ini.

Hingga saat ini, para ilmuwan masih terus mencoba untuk mencari informasi dan bukti tentang kehidupan lain di alam semesta.

Seperti yang kita tahu, di alam semesta ini ada banyak sekali planet. Bahkan, yang mirip dengan Bumi kita ini pun banyak jumlahnya.

“Observasi dari bawah maupun antariksa mengkonfirmasi ribuan planet di luar Tata Surya kita. Galaksi kita sepertinya ada triliunan,” ungkap NASA.

Namun meski begitu mereka hingga saat ini masih berusaha keras untuk mencari bukti-bukti kehidupan di tempat lain di alam semesta ini.

“Tapi sejauh ini, kami tak punya bukti kehidupan di luar Bumi. Apakah kehidupan di kosmos dimulai dengan mudah dan umum? Atau sangat langka?” imbuh NASA.

“Dalam ribuan tahun umat manusia merenungkan kosmos, kita adalah orang-orang pertama yang tahu satu hal dengan pasti, bintang selain Matahari dikitari planet-planet. Variasinya banyak dan sebagian ukurannya seperti Bumi,” papar NASA.

Tetapi sayangnya hingga saat ini alam semesta masih diliputi dengan kesunyian. Belum ditemukan tanda-tanda kehidupan lain selain umat manusia.

Namun dengan perkembangan teknologi teleskop ataupun penjelajahan langsung ke antariksa, tak menutup kemungkinan suatu ketika alien ditemukan.

“Kita berdiri di persimpangan dalam dalam pencarian kehidupan. Kita telah menemukan ribuan planet di galaksi Bima Sakti, bagian cukup besarnya seukuran Bumi dan mengorbit di zona habitat bintang, jarak dari bintang yang memungkinkan air mengalir di permukaan,” papar NASA.

“Teleskop kita di angkasa dan di Bumi serta teknologi penginderaan jauh, semakin powerful. Namun sejauh ini, satu-satunya kehidupan yang kita tahu adalah di sini. Pada momen saat ini, kita melihat ke kehampaan, berharap seseorang menatap balik pada kita,” pungkas NASA.

Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0