in

Seneca Guns, Suara Dentuman Misterius yang Belum Terpecahkan Selama 150 Tahun

Suara dentuman tersebut kadang cukup kuat hingga mampu menggetarkan jendela dan bangunan serta membuat orang-orang terkejut.

Dentuman Misterius

Virenial – Seneca Guns merupakan julukan bagi sebuah dentuman misterius yang rutin terdengar di berbagai negara seperti North Carolina di Amerika Serikat hingga di Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Suara dentuman tersebut kadang cukup kuat hingga mampu menggetarkan jendela dan bangunan serta membuat orang-orang terkejut.

Selama lebih dari 150 tahun, belum diketahui apa penyebab dibalik suara dentuman yang kadang membuat heboh tersebut.

Demi memecahkan misteri tersebut, ilmuwan mencoba menggunakan data seismik untuk mencari sumber suara dentuman dan apa yang memicunya.

Tapi dalam presentasi di American Geophysical Union (AGU), mereka mengaku masih belum berhasil walau mengetengahkan teorinya.

Teori yang sudah ada menyebutkan bahwa suara itu berasal dari badai atau gempa Bumi yang berada di kejauhan, atau munngkin dari kegiatan militer.

Namun, melalui data yang dikumpulkan, ilmuwan tidak menemukan catatan gempa Bumi yang terjadi bersamaan dengan dentuman itu sehingga penyebabnya kemungkinan hal lain.

Data dentuman dalam riset ini dilacak hingga tahun 2013. Kemudian mereka membandingkannya dengan data yang didapat dari EarthScope Transportable Array, jaringan 400 sensor atmosfer dan seismograph yang berada di 1.700 lokasi di AS.

“Secara umum, kami yakin dentuman ini adalah fenomena atmosfer, kami tidak berpikir ini berasal dari aktivitas seismik, kami berasumsi terjadinya di atmosfer, bukan di tanah,” kata Eli Bird dari University of North Carolina yang melakukan riset ini.

Mungkin ada sebuah batu angkasa yang bergerak sangat cepat sehingga saat menabrak atmosfer Bumi, meledak dan menimbulkan dentuman. Dan bisa jadi kondisi atmosfer membuat dentuman hanya terdengar di area tertentu.

Teori lain yang ia kemukakan ialah dentuman tersebut berasal dari peristiwa di lautan, seperti gelombang yang sangat besar atau dapat juga dari guntur.

Namun penelitian ini masih membutuhkan lebih banyak data untuk menunjukkan secara tepat lokasi asal dentuman.

Dengan kata lain, fenomena dentuman Seneca Guns masih menjadi misteri. Mungkin baru di masa depan peristiwa yang mungkin berasal dari alam ini dapat terpecahkan.

Comments

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0