in ,

Kenali Fitnah Dajjal di Akhir Zaman, Ujian Terbesar Manusia

Dajjal adalah sosok yang memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, misi utamanya adalah untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah.

Fitnah Dajjal

Virenial – Ujian terbesar manusia saat menjelang hari kiamat adalah munculnya sosok al-Masih ad-Dajjal yang akan membawa kesesatan dan membawa fitnah (ujian) yang besar bagi manusia.

Dajjal adalah sosok yang memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, misi utamanya adalah untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ia adalah seorang pendusta yang akan membawa fitnah yang besar menjelang hari kiamat.

Adapun Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah menjelaskan tentang sosok Dajjal ini dalam beberapa riwayat hadits, mulai dari ciri-ciri fisik, kemampuan yang dimiliki, tempat dimana ia akan dibunuh, hingga siapa orang yang bisa mengalahkannya.

Beberapa diantara fitnah Dajjal yang akan terjadi di akhir zaman juga telah dijelaskan oleh Rasulullah, berikut ini adalah fitnah-fitnah Dajjal yang akan membuat kekacauan di akhir zaman serta membawa manusia pada kesesatan, inilah daftarnya:

Mampu Menghidupkan Orang yang Telah Dia Bunuh

Salah satu kemampuan yang dimiliki Dajjal adalah ia mampu menghidupkan orang yang sudah ia bunuh. Ini adalah salah satu fitnah yang kelak akan membuat banyak orang percaya bahwa dirinya adalah Tuhan.

Kemampuan Dajjal yang mampu menghidupkan orang mati telah diberitakan Rasulullah dalam sebuah hadits,

“Keluarlah pada hari itu seorang yang terbaik atau di antara orang terbaik. Dia berkata: ‘Aku bersaksi engkau adalah Dajjal yang telah disampaikan kepada kami oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.’ Dajjal berkata (kepada pengikutnya): ‘Apa pendapat kalian jika aku bunuh dia dan aku hidupkan kembali apakah kalian masih ragu kepadaku?’ Mereka berkata: ‘Tidak.’ Maka Dajjal membunuhnya dan menghidupkannya kembali…” [HR. Muslim No. 2938]

Fitnah Dajjal Membawa Surga dan Neraka

Saat Dajjal muncul menjelang hari kiamat, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menginformasikan bahwa Dajjal akan membawa surga dan neraka bersamanya.

Dimana surganya Dajjal adalah neraka, sedangkan nerakanya Dajjal sebenarnya adalah surga. Begini hadits tentang surga dan nerakanya Dajjal,

Dari Hudzaifah Radhiallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Dajjal cacat matanya yang kiri, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka.” [HR. Muslim No. 2934]

Dalam riwayat lain disebutkan,