in

Hasil MotoGP Catalunya 2020: Duo Suzuki Menggila di Lap Akhir

Joan Mir

Virenial – Fabio Quartararo menjadi pemenang di ajang MotoGP Catalunya, Minggu, (20/9). Rider tim Petronas Yamaha SRT itu menyelesaikan balapan dengan total waktu 40 menit 33.176 detik selama 24 lap.

Di posisi kedua dan ketiga, diisi oleh dua pembalap Suzuki, yakni Joan Mir dan Alex Rins. Sementara itu, Franco Morbidelli yang sempat memimpin balapan harus puas finish di urutan ke-4 setelah tak berdaya menghadapi gempuran duo Suzuki yang tampil on-fire.

Jalannya balapan di Catalunya sempat diwarnai beberapa insiden, selepas start, Andrea Dovizioso harus keluar lintasan setelah terjatuh bersama dengan Johann Zarco.

Kejadian tersebut bermula saat Danilo Petrucci yang kehilangan kendali motor dan menyenggol Zarco yang berada di belakangnya. Zarco pun terjatuh dan membuat Dovi yang berada di sampingnya ikut terjatuh.

Beberapa lap kemudian, Quartararo menyalip Rossi di Turn 1 dengan memanfaatkan slipstream di lintasan lurus untuk menempati posisi kedua. Morbidelli masih di depan, dengan motor-motor Yamaha menguasai posisi 1-2-3.

Tak lama berselang, Quartararo langsung menyusul Morbidelli yang berada di depannya dan merebut posisi 1 dari pembalap asal Italia tersebut.

Sampai lap 10, Fabio Quartararo masih memimpin balapan dengan dikuntit Fabio Quartararo dalam rentang 0,326 detik. Valentino Rossi membuntuti di posisi ketiga.

Saat race MotoGP Catalunya 2020 tersisa 12 putaran lagi, Pol Espargaro harus keluar dari balapan saat sedang bertarung dengan Petrucci. Motornya meluncur ke gravel, tapi ia tampak tak apa-apa.

Satu lap berselang, Morbidelli nyaris jatuh! Motornya bergoyang kencang, tapi ia masih berhasil melakukan saves dan bertahan di atas motor. Perubahan posisi terjadi: Fabio Quartararo kini diikuti Rossi, dengan Morbidelli berada di posisi ketiga.

Di lap ke-16, drama terjadi. Rossi yang sedang berusaha untuk meraih podium ke-200 di MotoGP Catalunya ini terjatuh di tikungan ke-2.

Rossi tampak sangat kecewa dengan hasil ini, karena di balapan sebelumnya di Misano, ia juga mengalami crash dan harus DNF.

Pada dua lap tersisa, Joan Mir berhasil menyalip Franco Morbidelli untuk merebut posisi kedua. Tak lama kemudian, giliran Alex Rins yang mengasapi Morbidelli! Kini Morbidelli tergeser ke posisi keempat. Fabio Quartararo masih tancap gas di posisi terdepan.

Pada akhirnya Fabio Quartararo sukses meraih kemenangan. Joan Mir dan Alex Rins menemaninya di atas podium. Hasil ini bikin Quartararo menang lagi setelah merebut podium teratas di dua seri awal musim ini.

Hasil Lengkap Race MotoGP Catalunya 2020

  1. Fabio Quartararo, Petronas Yamaha SRT 40m 33.176s
  2. Joan Mir, Suzuki Ecstar
  3. Alex Rins, Suzuki Ecstar
  4. Franco Morbidelli, Petronas Yamaha SRT
  5. Jack Miller, Pramac Ducati
  6. Francesco Bagnaia, Pramac Ducati
  7. Takaaki Nakagami, LCR Honda IDEMITSU
  8. Danilo Petrucci, Mission Winnow Ducati
  9. Maverick Vinales, Monster Energy Yamaha
  10. Cal Crutchlow, LCR Honda CASTROL
  11. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
  12. Aleix Espargaro, Aprilia Racing Team Gresini
  13. Alex Marquez, Repsol Honda
  14. Iker Lecuona, Red Bull KTM Tech3
  15. Tito Rabat, Reale Avintia Ducati
  16. Bradley Smith, Aprilia Racing Team Gresini
  17. Stefan Bradl, Repsol Honda.

DNF

  • Miguel Oliveira, Red Bull KTM Tech3
  • Valentino Rossi, Monster Energy Yamaha
  • Pol Espargaro, Red Bull KTM Factory Racing
  • Andrea Dovizioso, Mission Winnow Ducati
  • Johann Zarco, Reale Avintia Ducati.

Dengan hasil ini, Fabio Quartararo kembali menjadi pemimpin kelasemen sementara perebutan juara dunia MotoGP 2020.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0