in

Fakta Sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli

Misano Sic58

Virenial – Setelah MotoGP Styria, balapan MotoGP selanjutnya harus terjeda selama 2 pekan. Seri selanjutnya akan digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada 13 dan 20 September 2020.

Misano menjadi tempat balapan MotoGP San Marino 2020 pada seri keenam dalam ajang balap motor paling bergengsi itu.

Selana ini, Misano telah beberapa kali keluar masuk kalender balap MotoGP. Pertama kali, balapan digelar di Misano pada 1980, kemudian 1982, 1984-1987, 1989-1991, dan 1993.

Sejak 1993, sirkuit ini sempat lama absen dari ajang balap dan kembali masuk kalender balap pada tahun 2007.

Sejak kembali masuk dalam kalender balap MotoGP 2007 lalu, tercatat sudah ada 6 pembalap berbeda yang berhasil meraih juara di sirkuit tersebut, mereka adalah Casey Stoner, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso.

Fakta Sirkuit Misano

Fakta Sirkuit Misano

Kali ini, Virenial akan berbagi fakta menarik seputar Misano World Circuit Marco Simoncelli. Berikut ini faktanya.

Berubah Nama

Sebelumnya, sirkuit ini dikenal dengan nama Misano World Circuit. Namun, pada 2012, sirkuit ini secara resmi berubah nama menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Perubahan nama ini bertujuan untuk menghormati mendiang Marco Simoncelli, pembalap MotoGP yang meninggal dunia akibat kecelakaan saat balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada tahun 2011.

Seri MotoGP Bernama GP San Marino, Bukan GP Italia

Meski berada di Italia, balapan MotoGP yang diadakan di Misano ini tidak menggunakan nama MotoGP Italia, tetapi GP San Marino.

Alasannya adalah status MotoGP Italia sudah menjadi milik Sirkuit Mugello. San Marino sendiri memang negara yang sangat dekat dari Misano. MotoGP Italia sendiri tidak digelar musim ini akibat pandemi COVID-19.

Memiliki Trek yang Pendek

Sebelum direnovasi, Sirkuit Misano merupakan salah satu sirkuit yang memiliki trek pendek. Panjang sirkuit ini sebelumnya hanya 3,4 Km saja.

Setelah dilakukan pembangunan pada tahun 1993, sirkuit ini kini memiliki panjang 4 Km.

Pernah Menelan Korban Jiwa

Sirkuit Misano pernah menelan korban jiwa ketika menggelar balapan. Pada 5 September 2010, pembalap Jepang Shoya Tomizawa tewas di sirkuit ini setelah terlibat kecelakaan fatal dengan Scott Redding dan Alex de Angelis.

Shoya Tomizawa meninggal dunia setelah kehilangan kendali motor kemudian tubuhnya dihajar oleh motor Scott Redding dan Alex de Angelis.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0