in

Penjelasan Mimpi Seperti Jatuh dan Bangun Karena Kaget

Biasanya, ini terjadi ketika seseorang baru saja terlelap tidur.

Hypnic Jerk

Virenial – Hampir sebagian besar orang pasti pernah mengalami mimpi seperti jatuh lalu tiba-tiba terbangun karena kaget. Fenomena ini adalah hal yang umum dan ada penyebab dan penjelasan terkait kondisi tersebut.

Biasanya, ini terjadi ketika seseorang baru saja terlelap tidur. Kemudian tiba-tiba ia terbangun dengan kaget karena mengira bahwa dirinya seperti akan terjatuh, padahal itu hanya mimpi.

Terkait hal itu, sebenarnya ada penjelasan yang bisa menjelaskan mengapa kita pernah mengalami mimpi seperti akan jatuh dari ketinggian.

Penyebab Mimpi Seperti Jatuh

Hypnic Jerk

Kebanyakan orang akan mengalami hal ini dengan keadaan yang berbeda-beda, seperti ada yang merasakan sensasi terjatuh secara tiba-tiba, ada yang merasa seperti tersandung sesuatu, atau ada juga yang merasa seperti jatuh dari tempat tinggi dan terhempas ke kekosongan.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami hal tersebut, namun belum banyak orang yang tau istilah dari fenomena ini.

Hypnic Jerk, adalah istilah untuk sensasi seperti terjatuh ketika sedang tidur.

Penyebab hypnic jerk atau mimpi seperti mau jatuh antara lain adalah karena kelelahan, stres, kurang tidur, atau rasa kantuk yang sudah ditahan cukup lama. Namun, penyebab pasti dari fenomena ini tidak bisa dijelaskan dengan pasti.

Sensasi ini biasanya dirasakan saat tubuh mulai siap tidur dan perlahan memasuki fase Rapid Eye Movement (REM / fase tidur orang mengalami mimpi) atau tidur lebih dalam, namun secara tiba-tiba tubuh seperti akan jatuh atau kehilangan keseimbangan sehingga terbangun tiba-tiba.

Jantung akan berdegup kencang karena otak mengira bahwa tubuh akan terjatuh, padahal ia tetap di tempat tidur.

Hypnic Jerk ini tidak memiliki efek samping apapun pada tubuh, beberapa penyebab lain yang menyebabkan hypnic jerek antara lain konsumsi kafein yang berlebihan, mengkonsumsi alkohol, atau bekerja keras sebelum tidur.

Hypnic jerk terkadang tidak berhenti sampai di situ saja, ada juga sensasi lain seperti merasakan sensasi kejutan listrik ringan saat bangun tidur.

Sensasi ini biasanya dialami oleh mereka yang terlalu lelah menjalani aktivitas, ditambah lagi memiliki kebiasaan tidur yang tidak teratur sampai merasa cemas.

Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0