0
4 shares

Peta penyebaran virus corona di dunia terus meluas sejak pertama kali dilaporkan muncul di China pada akhir Desember 2019 lalu. Hingga saat ini sudah total lebih dari 205.400 kasus positif corona di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, hingga artikel ini dibuat, Rabu, (18/03/2020) sudah ada 227 kasus positif corona di Indonesia dengan jumlah total korban meninggal mencapai 19 orang.

Di beberapa negara di dunia, pencegahan penyebaran virus corona dilakukan dengan cara melakukan lockdown sebuah wilayah atau negara.

Untuk menjaga diri agar tidak terkena virus corona, sangat penting untuk mengenal apa itu virus corona dan mengetahui tentang bagaimana cara penyebaran hingga pencegahannya.

Pencegahan corona di Indonesia

Apa Itu Virus Corona?

Virus corona adalah sebuah virus yang sering ditemukan dan menginfeksi pada hewan dan bisa menular dari hewan ke manusia.

Coronavirus pertama kali ditemukan menginfeksi manusia pada tahun 1960-an. Sejak saat itu, jenis virus corona lain mulai diidentifikasi seperti termasuk SARS-CoV pada 2003, HCoV NL63 pada 2004, HKU1 pada 2005, MERS-CoV (sebelumnya dikenal sebagai 2012-nCoV) pada 2012, dan SARS-CoV-2 (sebelumnya dikenal sebagai 2019-nCoV) pada 2019.

Virus corona yang mewabah saat ini adalah jenis virus baru yang teridentifikasi sebagai SARS-CoV-2. Virus ini menginfeksi manusia dengan menyerang sistem pernapasan yang menyebabkan masalah pernapasan akut.

Cara Penyebaran Virus Corona

Virus corona sering ditemukan pada hewan dan dapat menyebar ke manusia. Dalam kasus MERS, virus corona ditularkan dari unta ke manusia.

Kemudian dalam kasus SARS, penyebaran virus corona ditularkan dari musang ke manusia.

Sedangkan pada virus corona COVID-19 yang saat ini sedang menjadi wabah yang melanda dunia, virus corona diperkirakan menular ke manusia dari ular dan kelelawar.

Bahkan, kini virus ini bisa menular dari manusia ke manusia melalui droplet atau percikan air liur ketika seseorang yang terinfeksi virus ini batuk atau bersin.

Gejala Virus Corona

Virus corona memiliki masa inkubasi antara 2-14 hari. Infeksi dari virus ini bisa menyebabkan beberapa gejala yang mirip seperti flu biasa bagi penderitanya.

Beberapa gejala virus corona antara lain:

  • Demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius
  • Pilek
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri dada
  • dan Sesak napas

Orang-orang dengan usia lanjut diatas 70 tahun sangat rentan dengan penyakit ini, namun siapapun bisa berisiko terinfeksi corona.

Kemudian, orang dengan riwayat penyakit jantung, diabetes, dan pneumonia/sakit pernapasan juga bisa memiliki efek yang lebih parah jika terserang virus ini.

Hingga saat ini, belum ditemukan vaksin atau obat untuk menyembuhkan virus corona. Namun, hingga sekarang sudah banyak orang, sekitar 80.000 lebih orang yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus ini.

WHO menyatakan bahwa 80 persen pasien sembuh tanpa membutuhkan perawatan khusus.

Pencegahan Virus Corona

Untuk mencegah penularan yang lebih luas, langkah pencegahan adalah cara terbaik yang harus dilakukan.

Pencegahan penularan virus corona dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tangan, kebersihan diri dan menjaga kesehatan.

Mencuci tangan dengan sabun dan menghindari tempat ramai untuk sementara waktu adalah langkah terbaik untuk menjaga diri dan orang tersayang agar tidak tertular virus corona.


Like it? Share with your friends!

0
4 shares

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Huek! Huek!
0
Huek!
Kesel Kesel
0
Kesel
Menarik Menarik
0
Menarik
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
1
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
1
Takut
Wow Wow
0
Wow
Nazar

Penggemar klepon dan tempe penyet.

Komentar

komentar

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format