in

Ciri-Ciri Awal Kehamilan yang Harus Dipahami

Setelah menikah, momen spesial yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak wanita adalah datangnya kehamilan. Namun, saat kehamilan telah tiba, banyak wanita yang justru tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Memang, tanda-tanda kehamilan awal pada usia 1 bulan memang sering tidak terlihat. Hal ini membuat wanita tidak sadar jika ternyata mereka sedang hamil.

Nah, untuk membantu memahami ciri dan tanda awal kehamilan, berikut ini adalah ciri-ciri awal kehamilan yang harus diketahui, selain telat haid.

Mudah Haus dan Sering Buang Air Kecil

Ibu Hamil Mudah Haus

Saat hamil, wanita akan lebih sering buang air kecil daripada biasanya. Hal ini disebabkan karena kandung kemih akan tertekan oleh rahim selama kehamilan.

Selain itu, ibu hamil juga akan mudah haus. Saat hamil, ibu hamil memang membutuhkan cairan lebih banyak untuk membatu sirkulasi darah bayi, cairan ketuban dan volume darah sang ibu sendiri yang meningkat. Jadi, ibu harus selalu sedia air minum untuk memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan.

Mudah Lelah dan Mengantuk

Ibu Hamil Mudah Lelah

Selain karena hormonal, kinerja organ vital yang bertambah seperti ginjal dan jantung membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih mudah lelah dan mengantuk.

Organ-organ vital ini tidak hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil saja, tetapi juga janin yang terkandung di rahim sang ibu.

Tetapi, kebanyakan wanita yang sedang hamil mengira bahwa kelelahan yang mereka alami itu hanya akibat aktivitas fisik seperti biasa.

Indra Penciuman Lebih Sensitif

Indra Penciuman Lebih Sensitif

Wanita hamil biasanya akan lebih sensitif terhadap bau-bauan di sekitarnya.

Hal ini juga sering membuat ibu hamil mual-mual jika mencium bau-bauan yang menyengat.

Mood yang Berubah-Ubah

Perubahan mood pada masa awal kehamilan juga dialami oleh ibu hamil. Hal ini wajar karena hormon yang berfluktuasi juga berpengaruh pada kondisi psikologis ibu hamil.

Bentuk Payudara Berubah

Saat kehamilan berlangsung, payudara akan lebih sensitif dan terjadi perubahan di area payudara seperti membesar, puting susu menjadi lebih gelap, dan payudara akan lebih sensitif bahkan akan terasa sakit jika disentuh.

Tidak hanya itu saja, aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen) juga akan terjadi untuk mempersiapkan ASI bagi si jabang bayi ketika terlahir ke dunia.

Jadi, apakah kamu sudah tahu ciri-ciri kehamilan yang sering diabaikan oleh ibu hamil?

Selain menjaga aktivitas, mengonsumsi makanan sehat dan makanan terbaik untuk ibu hamil juga sangat baik bagi pertumbuhan janin hingga lahir.

Ditulis oleh Anisa

Pemerhati tanda-tanda sederhana :)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0