in ,

Tahap Perkembangan Bayi dari Usia 1 Hingga 3 Bulan

tahap perkembangan bayi usia 0 hingga 3 bulan

Mengetahui tahap perkembangan si buah hati adalah hal yang harus dipahami oleh setiap orang tua, terlebih ketika usia bayi antara 0 hingga 3 bulan. Perlu diketahui, setiap anak memiliki kemampuan dan kecepatan berkembang yang berbeda-beda.

Namun secara umum, bayi memiliki tahapan-tahapan dalam tumbuh kembangnya. Dengan mengenali tahapan-tahapan tumbuh kembang si kecil, orang tua bisa memberikan rangsangan yang tepat untuk membantu proses perkembangan buah hati.

Selain itu, dengan memiliki pengetahuan tentang tahap dan fase perkembangan bayi, ayah dan bunda menjadi bisa memantau serta menangani jika ada gangguan yang mungkin timbul saat proses tumbuh kembang si kecil.

Untuk itu, kali ini tim Virenial akan memberikan informasi tentang tahap perkembangan bayi mulai dari usia 0 sampai 3 bulan.

tahap pertumbuhan bayi

Perkembangan Bayi Usia 0 Sampai 1 Bulan (Newborn)

Bayi di usia ini (newborn) akan langsung mengalami perkembangan secara signifikan, selain perkembangan tubuh atau fisiknya, panca indra bayi di usia 0 hingga 1 bulan juga berkembang.

Di usia ini, bayi akan menggunakan tangisan sebagai ‘bahasa bayi‘ untuk berkomunikasi dengan orang tuanya. Beberapa indra pada bayi akan berkembang, seperti pendengaran, penglihatan, serta motoriknya.

Perkembangan Pendengaran Bayi Usia 0 Sampai 1 Bulan

Sebenarnya, indra pendengaran bayi sudah berkembang sejak masih di dalam kandungan. Namun, setelah lahir indra pendengaran bayi akan jauh lebih sensitif.

Pendengaran yang sempurna itu bisa dilihat dengan respon bayi ketika mencari arah suara yang dia dengar, atau bahkan terkejut saat mendengar suara keras.

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 0 Sampai 1 Bulan

Penglihatan bayi di usia ini masih kabur dan belum bisa fokus. Namun seiring dengan bertambahnya usia, indra penglihatan bayi akan terus berkembang dan fokus yang lebih tajam.

Bayi di usia ini hanya memiliki jarak pandang kurang lebih 30 cm. Oleh karena itu, ketika sedang bermain, dekatkan wajah bunda ke buah hati agar dia bisa mengenali bunda. Sebab, wajah bunda akan menjadi objek yang sangat menarik untuknya.

Perkembangan Kemampuan Motorik Bayi Usia 0 Sampai 1 Bulan

Di usia ini, bayi belum bisa mengontrol gerakan kepalanya. Namun, sesekali bayi bisa mengangkat kepala sebentar dan menoleh ke kanan atau ke kiri.

Leher dan kepalanya masih harus ditopang dengan sangat hati-hati. Meski kontrol kepalanya masih sangat lemah, namun bayi di usia ini sudah bisa menggerak-gerakkan tangan dan kakinya.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Di usia ini, bayi akan lebih sering mengeluarkan ekspresi wajah seperti tersenyum lebar bahkan hingga tertawa.

Oleh karena itu, ajaklah bayi di usia 2 bulan untuk bermain atau melihat-lihat sekitar. Bayi di usia ini juga akan mulai mengoceh dan lebih aktif.

Perkembangan Pendengaran Bayi Usia 2 Bulan

Saat memasuki usia 2 bulan, indra pendengaran bayi akan lebih sensitif dan terus berkembang dengan sempurna.

Di usia ini, bayi sudah bisa merespon suara dengan sangat baik. Bahkan dia sudah mulai untuk bisa membedakan suara-suara di sekitarnya.

Sering-seringlah ajak bayi di usia ini untuk mengobrol, sebab ini akan membantu perkembangan bayi. Selain itu, suara orang tua, terutama bunda, memiliki efek yang menenangkan dan akrab di telinga bayi.

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 2 Bulan

Bayi di usia 2 bulan akan mulai untuk bisa fokus pada suatu objek. Ia juga mulai senang untuk melihat benda-benda dengan warna yang cerah dan mencolok seperti warna kuning, biru, dan merah.

Ia juga sudah mulai belajar untuk mengikuti objek yang bergerak, selain itu jarak pandang bayi di usia 2 bulan juga mengalami peningkatan. Kini ia sudah bisa melihat dengan jarak pandang sekitar 60 cm.

Perkembangan Motorik Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan motoriknya di usia 2 bulan juga terus mengalami peningkatan. Ia akan bergerak lebih lincah dan lebih sering.

Di usia ini, bayi sudah mulai belajar untuk berguling. Selain itu, refleks bayi usia 2 bulan juga terus berkembang. Ia sudah mulai meraih benda yang ada di sekitarnya.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Di usia 3 bulan, bayi akan lebih suka bermain. Di usia tersebut ia juga pandai menirukan ekspresi wajah dan suara yang bunda buat.

Di usia ini bayi juga sudah mengenali suara-suara di sekitarnya dengan sangat baik. Selain itu, indra peraba bayi sudah berkembang dengan sangat baik.

Mulailah untuk memperkenalkan berbagai tekstur kepada si buah hati. Lakukan kontak dengan bayi sesering mungkin di usia ini, sebab hal ini bisa mendekatkan bunda dan bayi secara emosional sekaligus memiliki efek yang menenangkan untuk bayi.

Perkembangan Motorik Bayi Usia 3 Bulan

Di usia ini, bayi sudah mulai berguling ke kanan dan ke kiri. Ia juga sudah bisa menyangga kepalanya lebih kuat.

Kemampuannya dalam menggerakkan tangan dan kaki juga menjadi semakin baik. Di usia 3 bulan, bayi juga akan lebih senang untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekitarnya setiap hari.

Cara Membantu Mendorong Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-3 Bulan

Tahap perkembangan bayi di usia 0 hingga 3 bulan akan meningkatkan kemampuan kognitif bayi dalam merespon suara-suara di sekitarnya, belajar untuk fokus dan senang melihat objek dengan waran-waran primer yang cerah, selain itu, ia juga sudah mulai untuk mengeluarkan suara dan mengoceh.

Untuk mendorong perkembangan si kecil di usia 0-3 bulan, beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan bunda yaitu mengajak bayi untuk berbicara, bermain, dan melihat-lihat objek yang menarik perhatiannya di sekitar.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0