in , ,

Ketahui Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Soy Milk

Sebenarnya, susu kedelai itu baik atau berbahaya untuk ibu hamil? perdebatan tentang seberapa besar manfaat sari kedelai untuk ibu hamil memang masih terjadi.

Ada yang mengatakan bahwa susu kedelai memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, namun ada juga yang menganggap bahwa sari susu kedelai justru berbahaya bagi kandungan hingga keguguran, benarkah demikian.

Sari kedelai mengandung protein dengan kadar yang sama dengan susu sapi. Meski dikenal sebagai sumber kalsium dan protein yang penting bagi kehamilan, namun tubuh beberapa wanita menolaknya.

Untuk mengetahui manfaat susu kedelai untuk ibu hamil lebih jauh, yuk simak manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Sule Sehat

Sari Kedelai Membantu Perkembangan Bayi

Sebagai salah satu sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik, susu kedelai mengandung asam folat yang sangat penting dalam membatu tumbuh kembang sistem syaraf bayi.

Tidak hanya mengandung asam folat, susu kedelai untuk ibu hamil ini juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, protein, dan lemak yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bayi.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Mengurangi Kolesterol Jahat

Mengidam adalah salah satu hal yang umum dirasakan oleh para ibu hamil.

Namun, sayangnya mungkin beberapa kali ibu mengidam makanan yang kurang baik seperti yang banyak mengandung kolesterol jahat.

Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai membantu ibu dalam mengurangi tumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Dengan secara rutin mengonsumsi susu kedelai selama kehamilan, hal itu dapat membantu ibu dalam menjaga berat badan tubuh dan menyimpan cadangan lemak baik di dalam tubuh.

Menjaga Energi Ibu Hamil dengan Susu Kedelai

Kedelai juga dikenal sebagai sumber karbohidrat, seperti yang diketahui, ibu hamil membutuhkan energi yang lebih banyak dari biasanya.

Oleh karena itu, mengkonsumsi susu kedelai akan mambantu menambah asupan karbohidrat pada tubuh ibu hamil agar tetap memiliki energi yang cukup selama kehamilan.

Sumber Serat yang Sangat Baik

Susu kedelai juga bisa menjadi salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh.

Mengkonsumsi susu kedelai selama masa kehamilan akan membantu melancarkan pencernaan ibu hamil, karena kandungan serat yang dimiliki susu kedelai cukup tinggi.

Mencegah Anemia

Anemia adalah salah satu hal yang sering dialami oleh ibu hamil. Wanita hamil akan lebih rentan terkena anemia dari biasanya.

Ini terjadi karena ibu kekurangan vitamin B12. Susu kedelai sebagai minuman sehat, juga mengandung vitamin B12 untuk membantu tubuh saat memproduksi sel darah merah dan akhirnya terbebas dari anemia.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan, karena penyakit anemia pada masa kehamilan bisa mengakibatkan komplikasi.

Mulai dari bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, dan yang paling parah adalah kematian janin.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Tapi, Ada Juga Efek Sampingnya

Mengkonsumsi susu kedelai memang baik untuk ibu hamil. Namun, dalam beberapa kasus ada yang menimbulkan dampak yang berbeda pada setiap wanita.

Beberapa wanita hamil bakal merasakan reaksi alergi akibat susu kedelai lewat ruam, muntah-muntah, dan peradangan.

Untuk menghindari efek samping susu kedelai, sebaiknya jangan mengkonsumsi susu kedelai secara berlebihan. Konsumsi susu kedelai satu gelas per hari adalah ukuran yang tepat.

Namun, jika masih ragu, segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0