in ,

Waspada Penyakit Ini di Musim Kemarau

penyakit musim kemarau

Negara seperti Indonesia yang beriklim tropis pasti mengalami musim kemarau. Ketika musim kemarau tiba, udara akan terasa lebih panas, kering dan berdebu.

Tidak hanya itu, pada saat peralihan musim juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh cenderung menurun sehingga tubuh seseorang akan lebih mudah terserang penyakit.

Terlebih lagi, saat ini dunia tengah berada dalam masa pandemi virus corona yang membuat berbagai kekacauan di seluruh dunia.

Sebagai persiapan menghadapi musim kemarau, sebaiknya kamu perlu mewaspadai beberapa penyakit ini yang bisa menyerang saat musim kemarau.

Diare

penyakit musim kemarau

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai di musim kemarau adalah diare. Ketika memasuki musim kemarau, pasokan air bersih akan menjadi terbatas dan air yang ada akan relatif lebih kotor, terutama pada tempat-tempat yang tidak memiliki sumber air bersih yang cukup baik.

Lingkungan dengan kondisi yang kotor seperti ini dapat mengundang lalat yang dapat membuat makanan dan minuman menjadi tercemar.

Keadaan inilah yang bisa menyebabkan penderita diare meningkat. Tapi, selain itu diare juga bisa disebabkan oleh kekurangan cairan elektrolit. Jika tidak ditangani dengan tepat, diare dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut, seperti gangguan fungsi ginjal hingga kematian.

ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA juga bisa menjadi salah satu penyakit yang dapat menyerang ketika musim kemarau.

Infeksi ini bisa saja terjadi karena cuaca panas di musim kemarau membuat udara menjadi lebih berdebu.

Debu-debu inilah yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Gejala infeksi saluran napas atas yang bisa timbul di antaranya demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, suara serak, nyeri saat menelan dan sebagainya.

Untuk pencegahan, gunakan masker saat berada di luar ruangan dan rutin untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Demam Tifoid atau Tifus (Tipes)

Demam tifoid atau orang awam biasa menyebutnya dengan nama penyakit tifus (tipes) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii.

Penyakit ini sering ditularkan melalui konsumsi makanan yang tercemar bakteri Salmonella. Gejala tifus sendiri diantaranya adalah demam, sakit kepala, nyeri sendi, sembelit, diare, penurunan nafsu makan, dan sakit perut.

Heat Stroke

Heat stroke merupakan sebuah kondisi dimana suhu tubuh meningkat tajam dan secara tiba-tiba dalam waktu yang cepat, sementara tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendinginkan diri

Kondisi heat stroke ini dapat diketahui tanda-tandanya yang antara lain, demam tinggi, sakit kepala, kulit kering, mual, muntah, kejang, dan detak jantung yang meningkat. Dalam kasus yang parah, heat stroke dapat menyebabkan seseorang dalam kondisi koma.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0