in

Ragam Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, ibu hamil yang sedang mengandung diwajibkan untuk memakan makanan yang sehat bergizi dan penuh nutrisi.

Sebab, pada masa awal kehamilan, janin akan sangat membutuhkan asupan makanan sehat untuk mendukung pertumbuhan janin hingga bulan-bulan berikutnya.

Selain untuk kesehatan janin, makanan-makanan ini juga sangat baik untuk ibu yang sedang mengandung. Pada awal tiga bulan kehamilan, organ-organ penting dari janin akan mulai terbentuk. Mengonsumsi makanan sehat tentu akan membantu pertumbuhan organ-organ janin menjadi sehat.

Inilah ragam makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sayuran Hijau

Sayuran segar
Gambar: Carbon Rally

Seperti kita ketahui, sayuran mengandung banyak nutrisi. Hal ini tentu sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jenis sayuran hijau seperti brokoli, bayam, sawi, kale, dan kubis mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, folat, kalium, dan antioksidan.

Selain nutrisi tadi, kandungan serat yang terkandung pada jenis sayuran di atas juga mampu mencegah sembelit pada ibu hamil. Mengonsumsi sayuran hijau juga dipercaya dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Buah-Buahan Segar

Fresh Fruit Health Salad
Gambar: Freepik

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan nutrisi dan gizi yang seimbang pada buah-buahan akan membantu kesehatan ibu hamil dan baik untuk proses tumbuh janin.

Jika usia kehamilan masih di trimester pertama, mengonsumsi buah jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, stroberi, pisang, dan kiwi adalah pilihan yang sangat baik.

Selain dimakan secara langsung, ibu hamil juga bisa meminumnya dalam bentuk jus. Tapi, perlu diingat bahwa pastikan buah yang akan diolah atau dimakan itu bersih.

Susu dan Yogurt

Milk Yoghurt and Cheese
Gambar: The Heart Foundation

Susu dan yogurt sangat baik bagi ibu hamil karena mengandung banyak kalsium dan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan janin dan kesehatan tulang si ibu.

Selain itu, susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc, serta probiotik untuk mendukung kesehatan pencernaan.

Namun, sebaiknya pilihlah produk susu atau produk olahan susu yang mengandung lebih rendah gula dan lemak, selain itu jangan mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi karena berisiko mengandung bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Ikan

Fresh salmon fish
Gambar: Freepik

Mengonsumsi ikan saat hamil juga sangat disarankan. Sebagai sumber protein dan asam lemak omega-3, mengonsumsi ikan akan sangat baik untuk membantu perkembangan otak dan sistem syaraf janin.

Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi antara lain ikan teri, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, ikan nila dan ikan lele.

Telur dan Daging

Fresh beef
Gambar: Britannica

Telur dan daging juga tak kalah penting bagi ibu hamil. Sebagai sumber protein berkualitas tinggi, telur dan daging akan membuat tumbuh kembang janin menjadi sangat baik.

Telur dan daging ayam serta daging sapi mengandung zat besi dan vitamin B yang berguna untuk mencegah anemia, serta menurunkan risiko bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

Namun, sebelum mengkonsumsi daging dan telur, sebaiknya perhatikan cara mengolah yang baik dan benar. Pastikan telur dan daging yang akan disantap benar-benar matang.

Oatmeal

Oatmeal
Gambar: Freepik

Saat hamil, tubuh membutuhkan banyak energi dan nutrisi. Oatmeal yang kaya akan serat, protein dan vitamin B6 mampu memberikan energi ekstra bagi tubuh ibu hamil.

Serat yang terkandung pada oatmeal juga bisa membantu untuk melancarkan pencernaan.

Selain memperhatikan makanan terbaik untuk ibu hamil, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kebutuhan cairan tubuh yang cukup. Sebab, ibu hamil akan lebih banyak kehilangan cairan. Untuk mencegah dehidrasi, sebaiknya meminum air sedikitnya 8-10 gelas sehari.

What do you think?

Written by Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0