kesemutan
in

Penyebab Tangan Sering Kesemutan, Jangan Disepelekan!

Penyebab tangan sering kesemutan bisa bermacam-macam, kesemutan sendiri merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh hampir semua orang.

Gangguan kesemutan biasanya terjadi berupa sensasi mati rasa pada area tubuh yang bermasalah, dan seringnya gangguan ini terjadi pada orang yang jarang bergerak dan jarang berolahraga.

Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan antara lain telapak tangan, kaki, jari dan lengan.

Kesemutan pada tangan sering terjadi ketika seseorang dalam posisi tidur, yaitu ketika tanpa sadar tangan terhimpit tubuh. Sehingga ketika bangun tidur, tangan seperti ‘hilang’, tidak bertenaga, dan mati rasa.

Namun, ada juga yang mengalami mati rasa pada tangan dengan frekuensi yang sangat sering dan berkali-kali hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika sudah seperti ini, pasti ada masalah serius pada tubuh yang terjadi.

Jangan Sepelekan Jika Tangan Sering Kesemutan

penyebab tangan sering kesemutan

Sensasi mati rasa yang terjadi cukup sering pada tangan bisa menjadi salah satu indikasi adanya hal yang salah dan bahkan berbahaya, jadi jangan sepelekan jika tangan terasa sering kesemutan.

Penyebab tangan sering kesemutan ini biasanya terjadi karena ada aliran darah di area tersebut yang tidak lancar, namun selain itu rasa yang tidak nyaman ini juga bisa disebabkan oleh gangguan saraf tangan dan gangguan pembuluh darah tubuh, ada juga beberapa penyebab lainnya, antara lain:

Asupan Vitamin yang Tidak Seimbang

Asupan vitamin sangat penting bagi tubuh, beberapa jenis vitamin seperti vitamin B12, vitamin B6, vitamin B1 (thiamin), dan vitamin E ternyata sangat baik untuk kesehatan saraf.

Jika asupan vitamin-vitamin tersebut dapat terpenuhi, maka saraf-saraf di tubuh akan dapat bekerja dengan baik, dan sebaliknya jika ada asupan vitamin yang tidak terpenuhi, maka akan muncul masalah pada tubuh.

Dalam contoh, ada kasus seseorang yang menderita anemia pernisiosa dimana ini dikarenakan asupan vitamin B12 di dalam tubuh.

Anemia tersebut akan mampu berkembang menjadi neuropati perifer yang juga cukup serius. Sedangkan tangan kesemutan dapat disebabkan oleh kelebihan vitamin B6, tidak hanya bagian tangan, kaki juga dapat mengalami mati rasa.

Carpal Tunnel Syndrome

penyebab tangan kesemutan

Carpal tunnel syndrome alias sindrom lorong karpal adalah kondisi mati rasa serta kesemutan yang terjadi pada tangan dan lengan yang disebabkan oleh adanya saraf yang terjepit di pergelangan tangan.

Kondisi ini biasanya akan menyebabkan nyeri pada tangan serta mati rasa yang sulit dihilangkan. Kesemutan ini juga biasanya akan lebih sering terjadi pada malam hari saat tertidur.

Sindrom ini memang tergolong umum terjadi, namun tetap saja tidak boleh untuk dianggap remeh, apalagi mengabaikannya.

Untuk perawatan carpal tunnel syndrome bisa dilakukan dengan cara istirahat yang cukup serta mengkompres bagian yang nyeri dengan es untuk mempercepat proses penyembuhan.

Written by Anisa

Pemerhati tanda-tanda sederhana :)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0