Manfaat Maple Sirup
in ,

Mengenal Sirup Maple, Manfaat dan Kegunaannya

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui apa itu sirup maple, manfaat serta kegunaannya. Maple syrup merupakan salah satu pemanis alami, sama halnya dengan madu.

Sirup mapel didapat dengan cara menyadap getah xilem dari mapel hitam, mapel gula atau mapel merah. Sirup ini sering digunakan sebagai pemanis alami yang sehat dan sebagai pengganti gula.

Warna sirup maple mirip dengan madu, yaitu berwarna coklat dan kental. Sirup maple ini sering dipakai dalam resep kue, terutama pancake, yang digunakan untuk kucuran di atasnya.

Di dalam sirup maple terdapat kandungan-kandungan alami yang bermanfaat untuk tubuh, apa saja manfaat dari sirup maple?

Manfaat Sirup Maple

Sirup maple mengandung senyawa quebecol di dalamnya yang berguna untuk mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, alzheimer, dan penyakit lain yang disebabkan bakteri.

Selain mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, di dalam sirup maple juga terdapat antioksidan yang baik untuk membantu tubuh menangkal radikal bebas.

Kandungan mineral di dalam sirup maple juga lebih kaya dari madu, di dalam maple syrup terdapat banyak kandungan zat besi, kalsium, zinc, mangan dan potasium.

Selain itu, manfaat lain dari sirup ini adalah untuk melancarkan pencernaan dan melawan gangguan pencernaan seperti perut kembung, bergas, atau sembelit.

Maple syrup juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan, di dalamnya terdapat 54 macam kandungan polifenol yang memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat menghambat penuaan.

Bagi kamu yang sedang dalam program diet, mengkonsumsi sirup maple sebagai pengganti gula bisa dijadikan sebagai pilihan. Selain memiliki rasa yang manis, sirup maple juga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada gula, bahkan madu.

Selain itu, kadar gula yang terkandung di dalamnya juga lebih mudah dicerna oleh tubuh, sehingga lebih sehat.

Kegunaan Maple Syrup

manfaat maple syrup

Sirup maple biasa digunakan dalam aneka resep masakan, terutama sebagai pelengkap pancake atau membuat saus dasar seperti demiglace.

Di Indonesia, kamu bisa mendapatkan maple syrup di supermarket yang ada di kotamu.

Beberapa merk sirup maple terkenal seperti Maple Joe, Coombs Family Farms, Shady Maple Farms dan sebagainya bisa ditemui dengan mudah di Indonesia.

Written by Ahlun

Lagi ngejalanin hidup yang 'gini-gini aja'. Hehe

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0