in ,

Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Sering Disepelekan

Manfaat Jahe untuk kesehatan

Manfaat jahe sudah terkenal sejak dulu, tanaman rempah ini sering digunakan sebagai salah satu bahan racikan obat tradisional yang populer seperti di Asia.

Memiliki aroma dan rasa yang khas, jahe tak hanya populer sebagai bahan untuk meracik obat, namun juga sering digunakan sebagai campuran bumbu masak.

Jahe memiliki rasa pedas yang dominan, rasa pedas tersebut disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari jahe, mulai dari manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jahe bagi kesehatan hingga kecantikan yang sering disepelekan.

Manfaat Jahe

Mengatasi Perut Mual dan Kembung

Ketika mengalami perut mual atau kembung, orang tua zaman dulu biasanya menganjurkan untuk meminum wedang jahe hangat. Ternyata, hal itu memang benar, karena salah satu manfaat jahe adalah mampu untuk mengatasi mual dan kembung.

Mual yang disebabkan oleh vertigo hingga morning sickness yang sering dialami oleh ibu hamil bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe baik dimakan secara langsung atau sebagai campuran minuman seperti jahe susu atau teh jahe.

Sebagai Anti-Peradangan dan Mengurangi Rasa Sakit

Selain bisa mengatasi mual dan kembung, ternyata jahe juga memiliki sifat anti-inflammatory. Jika dikonsumsi secara teratur, penderita osteoarthritis dan rematik akan merasakan rasa sakit pada sendi berkurang.

Selain mengurangi rasa sakit, pembengkakan pada area yang sakit juga akan berkurang. Sebab, jahe dipercaya bisa menghambat komponen yang berperan dalam proses peradangan pada tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

Menghangatkan Tubuh

Jahe memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh. Ketika berada di tempat dengan udara dingin, jahe bisa membantu menjaga tubuh agar tetap hangat.

Kamu bisa membuat minuman jahe dengan campuran air hangat yang ditambah perasan lemon, serta setengah sendok makan madu untuk menjaga tubuh tetap hangat di tempat dengan udara dingin.

Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus

Kandungan gingerol pada jahe dapat berguna untuk mencegah dan menghambat infeksi bakteri seperti E. Coli, shigella dan sebagainya.

Selain itu, jahe juga dipercaya mampu menangkal infeksi dari virus RSV yang menyerang pernapasan. Bahkan ada penelitian yang mendapati bahwa jahe ternyata mampu mencegah infeksi dari bakteri yang resisten terhadap obat.

Berpotensi Sebagai Anti-Kanker

Kandungan gingerol pada jahe juga dipercaya mampu untuk mencegah kanker. Selain karena kandungan gingerol yang ada di dalamnya, kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada jahe juga memiliki peran terhadap pencegahan kanker.

Antioksidan yang dimiliki pada jahe mampu melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker ovarium.

Mencegah Penuaan

Salah satu manfaat jahe untuk kecantikan adalah kemampuannya untuk mencegah penuaan.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada jahe juga bermanfaat untuk kecantikan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan menghilangkan tanda penuaan pada kulit kamu agar tampak awet muda.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, kamu akan mendapatkan manfaat dan khasiat jahe seperti yang sudah dibahas tadi.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0