in ,

Manfaat dan Cara Memasak Ikan Salmon

manfaat ikan salmon

Ikan salmon dikenal sebagai ikan dengan harga yang cukup mahal karena memiliki banyak manfaat serta memiliki kandungan gizi yang lengkap. Untuk mendapatkan manfaat gizi dari ikan salmon, cara memasak ikan salmon tidak boleh dilakukan sembarangan.

Ada segudang manfaat yang terdapat dalam daging ikan salmon yang baik untuk kesehatan. Di Indonesia, daging ikan ini bisa dijumpai di pasar tradisional maupun di supermarket.

Namun biasanya harga ikan salmon per kilogram sangat mahal. Meskipun mahal, namun kandungan gizi dan nutrisi pada daging ikan ini memang sangat baik untuk tubuh jika diolah dengan baik,

Lalu, apa saja sih manfaat ikan salmon dan bagaimana cara memasak daging salmon yang baik agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga?

Manfaat daging ikan salmon dan cara memasak ikan salmon

Sumber Omega-3 yang Baik

Salmon dikenal sebagai sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Dengan mengkonsumsi 3,5 ons daging salmon, kamu bisa mendapatkan manfaat sekitar 2,5 gram asam lemak omega-3 yang terkandung dalam daging salmon.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi lemak omega-3, sedangkan tubuh kita sangat memerlukan protein ini.

Omega-3 dipercaya mampu membantu menurunkan risiko kanker, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan fungsi sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Kaya akan Protein

Salah satu zat yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Zat ini bermanfaat untuk tubuh seperti membantu tubuh untuk pulih dari cidera, melindungi kesehatan tulang, serta menjaga massa otot.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh adalah dengan cara mengknsumsi daging ikan salmon.

Tinggi Potasium

Salah satu kandungan dalam daging ikan salmon adalah potasium. Daging salmon dipercaya mengandung sekitar 18 persen dari asupan potasium yang direkomendasikan untuk manusia setiap harinya.

Dibandingkan dengan mengkonsumsi pisang, kandungan potasium dalam ikan salmon jauh lebih besar daripada pisang. Dengan kata lain, ikan salmon bisa membantu kita mengontrol tekanan darah. Risiko terserang stroke pun juga menurun.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Otak

Dalam sebuah penelitian, terbukti salah satu manfaat daging ikan salmon adalah untuk meningkatkan kesehatan otak.

Minyak ikan salmon dan kandungan lain dalam ikan salmon bermanfaat untuk mengurangi depresi dan kecemasan, serta mengurangi risiko demensia dan alzheimer.

Kandungan yang terkandung dalam ikan salmon juga dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak pada bayi.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Diet

Daging ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang bermanfaat untuk mengontrol berat badan.

Sehingga, jika kamu dalam program diet, kamu bisa mengkonsumsi ikan salmon sebagai menu diet sehat yang sedang kamu jalankan.

Daging ikan salmon juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ikan yang memiliki kandungan lemak juga akan dikaitkan dengan pengurangan lemak perut yang memiliki berat badan berlebih.

Manfaat Daging Salmon Untuk Bayi

Daging ikan salmon juga bermanfaat untuk bayi, jenis ikan ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan bayi.

Ketika memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai untuk bisa diberikan MPASI. Salah satu pilihan terbaik yang bisa dipilih adalah daging salmon sebagai makanan pendamping ASI.

Beberapa manfaat salmon untuk bayi antara lain:

  1. Mencegah penyakit
  2. Meningkatkan kecerdasan otak
  3. Meningkatkan dan mengoptimalkan indra penglihatan
  4. Menjaga kesehatan kulit si kecil

Memberikan makanan-makanan terbaik di usia tumbuh kembang ini sangat dianjurkan karena nutrisinya akan lebih mudah diserap tubuh.

Agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam daging ikan salmon, cara memasak ikan salmon harus diolah dengan baik dan benar.

Cara Memasak Ikan Salmon

Agar gizi dan nutrisinya tidak hilang, sebaiknya jangan sembarangan dalam mengolah ikan salmon menjadi olahan untuk dikonsumsi.

Ada beberapa cara memasak ikan salmon yang bisa dicoba untuk membuat olahan dari ikan salmon yang lezat tetapi tetap menjaga kandungan gizi dan nutrisinya.

Memasak Ikan Salmon dengan Dibakar

Daging salmon yang lunak akan lebih mudah diolah dengan cara dibakar. Selain lebih cepat matang, daging ikan salmon juga tidak akan mudah hancur saat dibakar.

Mengolah ikan salmon dengan cara dibakar juga dianggap lebih sehat karena tidak memerlukan lemak tambahan saat memasaknya. Cukup bakar ikan salmon antara 10 hingga 15 menit untuk mendapatkan tekstur daging yang gurih.

Memasak Ikan Salmon dengan Dipanggang

Selain dibakar, memasak ikan salmon dengan cara dipanggang juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengolah daging ikan salmon.

Namun, proses pemanggangan ikan salmon biasanya lebih lama daripada dengan cara dibakar, yaitu antara 20 hingga 30 menit.

Agar lebih lezat dan sehat, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit olesan minyak zaitun.

Memasak Ikan Salmon dengan Direbus

Selain dibakar dan dipanggang, memasak ikan salmon juga bisa dilakukan dengan cara direbus.

Kamu hanya perlu merebus potongan daging salmon ke dalam panci berisi air selama 15 menit.

Selain direbus dengan air, kamu juga bisa mengolah danging salmon dengan kaldu sayur atau tambahan bumbu-bumbu favorit kamu.

Hasilnya, kamu akan mendapatkan daging salmon yang lembut sekaligus lezat untuk disantap.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0