in ,

Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Zaitun

Manfaat buah zaitun sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu buah yang memberikan khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika buah ini memang pantas menyandang sebutan superfood.

Bahkan, minyak dari buah ini juga dikenal memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat dari minyak zaitun adalah untuk menjaga daya tahan tubuh.

Namun, kali ini yang akan Virenial bahas adalah tentang manfaat yang terkandung di dalam buah zaitun yang juga tak kalah baik dari minyaknya.

Manfaat Buah Zaitun Untuk Tubuh

Olive oil minyak zaitun

Buah zaitun ternyata masih satu keluarga dengan buah mangga, ceri, persik serta almond. Tetapi, buah zaitun lebih dikenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan yang penting untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah zaitun yang baik untuk kesehatan.

Kaya Antioksidan

Seperti yang kita tahu, antioksidan merupakan salah satu molekul penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang salah satunya dapat menyebabkan penyakit jantung hingga kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah zaitun dapat meningkatkan kadar glutathione dalam darah. Glutathione merupakan salah satu antioksidan yang paling kuat di dalam tubuh.

Beberapa antioksidan lain juga terkandung di dalam buah zaitun, diantaranya: oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleanolat dan quercetin.

Menjaga Kesehatan Tulang

Sebuah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa buah zaitun mampu mencegah pengeroposan tulang.

Kemampuan tersebut merupakan efek dari kandungan komponen yang terkandung di dalam buah zaitun. Orang yang sering mengkonsumsi buah zaitun, di dalam darah mereka mengandung kadar osteocalcin yang tinggi yang bermanfaat untuk membentuk tulang yang sehat.

Manfaat Buah Zaitun Untik Cegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Di dalam buah zaitun, terkandung banyak sekali antioksidan yang mampu mencegah kanker.

Dalam sebuah penelitian, kandungan antioksidan dan asam oleat dalam buah zaitun mampu mengganggu siklus hidup sel kanker di payudara, usus besar, dan lambung.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui keterkaitan antara konsumsi buah zaitun dengan pencegahan penyakit kanker.

Mampu Tingkatkan Kesehatan Jantung

Asam oleat yang terdapat di dalam buah zaitun juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Asam oleat mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh sekaligus menjaga kolesterol jahat agar tidak teroksidasi serta mampu mengurangi tekanan darah.

Mencegah Penuaan Dini

Khasiat buah zaitun lainnya adalah kemampuannya untuk mencegah penuaan dini. Zat antioksidan dan karotenoid yang terdapat pada buah zaitun tidak hanya mampu mencegah kanker.

Tapi zat tersebut juga bisa mencegah penuaan dini pada kulit. Hal ini tentu sangat bagus untuk kamu yang selalu ingin tampil awet muda dan cantik.

Khasiat Buah Saitun Untuk Mencegah Kepikunan

Kandungan polifenol dalam buah zaitun juga memiliki khasiat untuk mencegah kepikunan.

Polifenol bisa mengurangi stres oksidatif di dalam otak, sehingga meningkatkan kemampuan mengingat hingga 25%.

Itulah manfaat buah zaitun bagi kesehatan, buah zaitun mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, kandungan nutrisi yang ada pada buah zaitun antara lain:

  • Kalori: 115
  • Air: 80%
  • Protein 0,8 gram
  • Karbohidrat: 6,3 gram
  • Gula: 0 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Lemak jenuh: 1,42 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 7,89 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,91 gram

Buah zaitun biasa dikonsumsi sebagai campuran salad atau sayuran. Namun, meskipun memiliki banyak khasiat, mengknsumsi buah zaitun secara berlebihan juga dapat berdampak kurang baik bagi tubuh.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0