in

Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bekicot dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Hewan dengan nama ilmiah Achatina fulica ini memiliki cangkang dan bagian tubuh yang berlendir.

Bekicot sangat mudah untuk ditemui di Indonesia, biasanya, mereka berada di pepohonan, rumput, atau di tempat-tempat yang lembab.

Beberapa orang mungkin merasa jijik dengan hewan bercangkang dan berlendir yang satu ini.

Namun jangan salah, bekicot juga memiliki khasiat jika dikonsumsi dan dimasak dengan benar, bekicot memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini beberapa diantaranya:

Makan Bekicot Untuk Kesehatan

Manfaat bekicot untuk kesehatan
Image: Escargots à la Bourguignonne / Epicurious

Manfaat bekicot untuk kesehatan juga dipercaya banyak orang, hewan ini memang mudah ditemui dan dipelihara. Di Indonesia sendiri, tak sedikit orang yang gemar menyantap bekicot sebagai olahan makanan.

Selain lezat, bekicot juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan seperti:

Kaya Nutrisi

Bekicot kaya akan nutrisi, Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa setiap 100 gram (gr) daging bekicot mengandung 441 kalori (kal), 48,7 gr protein, 20,3 gr lemak, dan 15,8 gr karbohidrat. Bekicot juga diperkaya dengan beragam mineral dan vitamin di dalamnya.

Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa daging bekicot mengandung asam amino esensial, protein, serta vitamin dan mineral.

Di antaranya adalah kalsium, kalium, fosfor, natrium, zat besi, magnesium, hingga vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin C, dan vitamin E.

Makan bekicot juga akan membuat kamu kenyang lebih lama, karena kandungannya yang tinggi protein dan cocok untuk kamu yang sedang diet karena dagingnya rendah lemak.

Memperbaiki Suasana Hati

Kandungan senyawa triptofan dalam daging bekicot memiliki manfaat kesehatan untuk memperbaiki suasana hati.

Senyawa triptofan itu nantinya akan diubah menjadi molekul 5-hidroksitriptofan.

Nantinya molekul ini akan merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dan melatonin, yang berguna untuk memperbaiki suasana hati, kualitas tidur, dan nafsu makan.

Bermanfaat Untuk Mencegah Anemia dan Kelelahan

Manfaat lain daging bekicot untuk kesehatan adalah kandungan zat besinya yang bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan zat besi dalam daging bekicot berguna untuk mencegah anemia serta kelelahan. Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk membangun sel darah merah dan membawa energi ke seluruh tubuh.

Manfaat bekicot untuk kulit dan kecantikan

Manfaat Bekicot Untuk Kecantikan dan Kulit

Selain untuk kesehatan, bekicot juga memiliki khasiat untuk kecantikan dan kulit.

Lendir bekicot mengandung kandungan senyawa yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Perawatan kulit yang menggunakan bekicot juga kembali menjadi tren beberapa tahun belakangan ini karena bekicot memang memiliki khasiat untuk itu. Berikut adalah berbagai manfaat bekicot untuk perawatan kulit!

Khasiat Lendir Bekicot: Melembabkan Kulit

Lendir bekicot memang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah bisa melembabkan kulit.

Kandungan berbagai macam senyawa yang terkandung dalam lendir bekicot memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi epidermis kulit sehingga kulit dapat lebih terjaga kelembapannya.

Kebanyakan produk perawatan dari lendir bekicot juga memiliki klaim dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga kulit terhindar dari masalah kulit kering.

Mengatasi Jerawat

Salah satu khasiat bekicot untuk kecantikan adalah kemampuannya untuk mengatasi jerawat.

Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang umum dialami banyak orang. Lendir siput memiliki kandungan antimikroba sehingga dapat mengatasi peradangan akibat bakteri seperti jerawat.

Selain dapat mengatasi jerawat, lendir siput juga dipercaya dapat mencegah jerawat datang kembali.

Mencegah Penuaan Dini

Setiap wanita pasti ingin wajah kulit yang awet muda agar tetap terlihat cantik. Salah satu manfaat bekicot untuk kulit adalah kemampuannya untuk mencegah penuaan dini.

Sebagian produk kecantikan yang menggunakan bahan bekicot bahkan mengklaim dapat menyamarkan garis halus yang sudah terlanjur muncul di wajah.

Hal ini tentu masih berhubungan dengan manfaat bekicot yang mampu memperlancar regenerasi kulit.

Manfaat Lendir Bekicot Untuk Luka Ringan

Jika kamu mengalami luka ringan akibat terjatuh, terkena pisau yang menyebabkan lecet, kamu bisa memanfaatkan lendir bekicot untuk membuat lukamu cepat kering.

Caranya adalah dengan mengoleskan lendir dari bekicot ke sekitar area yang luka, tunggu beberapa saat, dan lukamu akan segera mengering.

Ini merupakan salah satu cara tradisional dalam penanganan luka ringan. Orang-orang dulu biasa menggunakan lendir bekicot untuk membuat luka robek ringan pada kulit agar segera mengering.

Sekarang, manfaat lendir bekicot untuk mempercepat pengeringan luka sayat pada tubuh sudah didukung dengan hasil penelitian ilmiah.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal ilmiah kedokteran menunjukkan bahwa lendir bekicot mampu mempercepat waktu penutupan luka sayat dengan rata-rata waktu 6.75 hari, sedangkan luka sayat tanpa pemberian lendir bekicot (Achatina fulica) rata-rata waktu penutupan luka 8.1 hari.

Risiko makan bekicot liar
Helix pomatia also Roman snail, Burgundy snail, edible snail or escargot, is a species of large, edible, air-breathing land snail, a terrestrial pulmonate gastropod mollusk in the family Helicidae.

Tetap Perhatikan Risikonya

Meski kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, dalam mengkonsumsi bekicot juga harus tetap diperhatikan risikonya.

Bekicot yang didapatkan secara liar mungkin berpotensi untuk mengandung parasit dalam tubuhnya.

Parasit tersebut tentu saja akan sangat berbahaya bagi tubuh jika termakan. Apalagi, jika dalam pengolahannya, daging bekicot tidak diolah dengan benar dan tidak dimasak sampai benar-benar matang.

Agar lebih aman, sebaiknya konsumsi daging bekicot yang berasal dari hasil ternak, bukan dari alam liar.

Ditulis oleh Anisa

Pemerhati tanda-tanda sederhana :)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0