makanan tidak sehat untuk sahur
in ,

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Tidak Mudah Haus

Salah satu sunnah dalam menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Makan yang dilakukan sebelum adzan subuh ini berguna sebagai persiapan energi tubuh untuk menjalankan ibadah puasa.

Sebab, dari terbit fajar hingga terbenam matahari, orang yang sedang berpuasa harus menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba.

Ketika sedang berpuasa, yang paling menantang adalah menahan rasa haus. Apalagi bagi kamu yang bekerja, rasa haus pasti akan menggoda kamu untuk membatalkan puasa.

Namun, sebenarnya ada cara agar tidak mudah merasa haus ketika berpuasa, salah satunya adalah dengan cara menghindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan haus seperti makanan-makanan berikut ini:

Makanan Bersantan

Makanan bersantan

Makanan bersantan bisa menyebabkan tenggorokan mudah kering dan membuat rasa haus lebih cepat muncul.

Selain itu, makan makanan bersantan saat sahur juga kurang baik bagi kesehatan, terutama lambung.

Oleh karena itu, lebih baik hindari makanan-makanan yang mengandung banyak santan saat sahur.

Makanan Berminyak

Makanan berminyak

Makanan yang mengandung minyak tinggi juga bisa membuat cepat haus ketika berpuasa lho.

Hindari memakan makanan yang mengandung minyak tinggi, karena selain membuat cepat haus, makanan tersebut juga tidak sehat karena mengandung banyak kolesterol.

Minuman Berkafein

Coffee

Suka minum minuman berkafein saat sahur? Mulai sekarang hindari minuman berkafein.

Selain karena bisa membuat cepat haus karena memicu buang air kecil yang sering sehingga cairan tubuh berkurang, minuman berkafein seperti kopi juga tidak baik untuk lambung.

Mie Instant

Mie Goreng

Mie instant memang praktis sebagai menu sahur hemat, namun mie instant yang mengandung kandungan MSG dan garam yang tinggi bisa membuat cepat haus.

Selain itu, hanya makan mie ketika sahur juga akan membuat perut cepat lapar di siang hari. Jadi, hindari mengkonsumsi mie instant ketika sahur.

Makanan yang Pedas

Ayam geprek

Sama seperti makanan bersantan, makanan pedas juga dapat memicu rasa haus lebih cepat. Selain itu, makanan pedas juga dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan nyeri perut.

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung, tentu saja makanan pedas sangat tidak direkomendasikan untukmu, apalagi sebagai menu sahur puasa kamu.

Written by Anisa

Pemerhati tanda-tanda sederhana :)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0