in

Kenali Ciri-Ciri Psikopat dan Penyebabnya

Kecenderungan seseorang menjadi psikopat sebenarnya bisa diketahui melalui ciri-ciri dan penyebab seseorang menjadi psikopat.

Pengertian dari psikopat adalah sebuah penyakit kejiwaan yang membuat seseorang memiliki sifat antisosial dan egosentris.

Orang dengan kecenderungan psikopat ini bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

Kasus-kasus pembunuhan dengan cara sadis dan tidak lazim yang pernah terjadi di dunia ini juga sering dikaitkan dengan pelaku yang memiliki kecenderungan sebagai seorang psikopat.

Ciri-Ciri Psikopat

Penyebab psikopat

Psikopat adalah gangguan mental serius yang bisa dialami oleh seseorang. Gangguan mental ini bisa membuat orang tersebut kehilangan rasa empati dan tidak memiliki rasa bersalah.

Untuk mengetahui kecenderungan seseorang memiliki kelainan mental ini, ada beberapa ciri-ciri psikopat yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya:

  • Kurang memiliki rasa empati
  • Tidak memiliki rasa bersalah ketika melakukan kesalahan
  • Tidak memiliki rasa menyesal dengan kesalahan yang dibuatnya
  • Tidak bisa atau sulit mengendalikan diri
  • Tidak pernah mempertimbangkan baik-buruk ketika melakukan sesuatu
  • Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka
  • Menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukannya
  • Memiliki sikap egois yang tinggi
  • Manipulatif dan curang
  • Memiliki sikap yang dingin dan acuh
  • Merasa dirinyalah yang paling benar dan hebat

Meski poin yang disebutkan di atas adalah beberapa ciri-ciri psikopat, namun bukan berarti orang yang memiliki beberapa ciri diatas adalah seoriang psikopat.

Karena untuk menentukan seseorang memiliki kencenderungan psikopat atau tidak harus melalui beberapa tahap evaluasi kesehatan mental.

Selama proses ini, profesional kesehatan mental akan mengevaluasi pikiran, perasaan, pola perilaku, dan hubungan seseorang. Mereka akan mengidentifikasi gejala-gejala yang terlihat pada seseorang.

Diagnosis yang dilakukan adalah berdasarkan Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV).

Selain itu, dalam diagnosis ini juga akan melihat sejarah medis. Evaluasi penuh ini merupakan langkah penting karena psikopat cenderung menunjukkan komorbiditas dengan gangguan mental dan kecanduan lainnya.

Penyebab Psikopat

Penyebab psikopat tidak bisa diketahui dengan pasti, namun ada kemungkinan hal itu disebabkan karena faktor genetika atau karena adanya trauma di masa kecil.

Seorang psikopat biasanya tumbuh dalam keluarga yang tidak harmonis. Ketidakharmonisan tersebut bisa dalam bentuk adanya pelecehan dan penelantaran anak, orang tua yang kecanduan alkohol, atau perkelahian orang tua.

Psikopat sendiri lebih sering ditemukan pada kaum pria dibandingkan perempuan.

Ditulis oleh Anisa

Pemerhati tanda-tanda sederhana :)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0