in ,

Inilah Menu Buka Puasa Sehat Ala Rasulullah ﷺ

Menu buka puasa sehat seperti ala Rasulullah ﷺ adalah menu buka puasa yang sederhana sekaligus menyehatkan.

Selain itu, berbuka puasa dengan menu yang tidak berlebihan juga merupakan salah satu sunnah dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang patut untuk kita ikuti.

Setelah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari, terkadang kita memiliki keinginan untuk berbuka dengan menu ini dan itu.

Sehingga kita pun membeli atau mengolah banyak sekali menu makanan untuk berbuka puasa. Padahal, belum tentu kita bisa menghabiskan semua makanan tersebut.

Perilaku tersebut adalah perilaku yang tidak baik, dan membuat kita menjadi boros. Selain itu, jika makanan yang dihidangkan ketika berbuka puasa tidak habis, itu juga akan menjadi mubazir.

Menu Buka Puasa Sehat Ala Rasulullah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah suri tauladan bagi umat manusia. Menu berbuka puasa beliau juga bisa kita contoh agar mendapatkan pahala sunnah, sekaligus mafaatnya.

Menu berbuka puasa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah menu berbuka yang sehat dan sederhana. Sebab, beliau tidak suka bermewah-mewah.

Inilah menu buka puasa ala Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bisa kita contoh dan ikuti sebagai menu buka puasa kita.

1. Menu Sehat Buka Puasa dengan Kurma

Premium dates palm

Berbuka puasa dengan kurma adalah yang paling dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Rasulullah pernah bersabda,

“Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” [HR. At-Tirmidzi]

Kurma dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dari hasil riset yang dilakukan ditemukan bahwa banyak kandungan dalam kurma yang dibutuhkan untuk tubuh.

Tak heran, jika selama ini buah kurma selalu menjadi primadona sebagai menu sehat untuk berbuka puasa di bulan Ramadan.

Selain rendah lemak, kurma juga mengandung gula alami bagi tubuh sebagai sumber energi.

2. Menu Buka Puasa Sehat dengan Madu

Madu juga menjadi salah satu menu yang sehat untuk buka puasa. Madu dikenal sebagai makanan yang kaya akan manfaat.

Madu juga sudah dikenal memiliki banyak sekali mafaat kesehatan, bahkan madu ini juga disebut di dalam Alquran sebagai minuan yang memiliki manfaat sebagai obat untuk manusia.

3. Buka Puasa Sehat dengan Susu

Milk and Cookies

Susu juga menjadi menu yang sehat untuk berbuka puasa. Kandungan nutrisi dan gizi pada susu memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh selama berpuasa.

Tidak hanya saat berbuka puasa, Rasulullah juga minum susu ketika sahur. Kandungan dalam susu dapat membantu menjaga kebugaran dan memenuhi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa.

Jadi, itulah menu buka puasa sehat ala Rasulullah. Yang penting adalah saat berbuka puasa jangan berlebihan, cukuplah makan hingga kenyang, agar tidak mubazir.

Ditulis oleh Virenial Media

Situs berita dan blog yang menyajikan berita terkini, viral dan menarik untuk dibaca. Selain itu, Virenial juga membagikan postingan-postingan keren di Facebook dan Instagram, serta berbagai video dengan pembahasan-pembahasan menarik di YouTube. Jangan lupa ikuti sosial media kami, ya!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0